GAMBARAN PERAN ORANG TUA DAN GURU BK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA BERPRESTASI NON AKADEMIK DI SMA NEGERI 10 BANDAR LAMPUNG

Chika Natasya, - (2025) GAMBARAN PERAN ORANG TUA DAN GURU BK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA BERPRESTASI NON AKADEMIK DI SMA NEGERI 10 BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK_Chika Natasya_.pdf

Download (241Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL_Chika Natasya.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2124Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN_Chika Natasya.pdf

Download (2036Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian didasari oleh permasalahan kurangnya motivasi belajar pada siswa berprestasi karena adanya kesibukan kegiatan ekstrakurikuler. Penelitian ini mengakaji pentingnya peran orang tua dan guru BK dalam meningkatkan motivasi belajar khususnya pada siswa berprestasi non akademik agar pencapaian prestasinya seimbang dengan hasil belajar akademik di sekolah. Metode yang digunakan yaitu kualitatif studi kasus dengan teknik non-probability sampling. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan dianalisis menggunakan thematic analysis dengan bantuan perangkat ATLAS.ti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor internal yang paling memengaruhi motivasi belajar siswa yaitu adanya kesadaran dan perasaan butuh untuk belajar, sedangkan faktor eksternal yang berpengaruh yaitu adanya kegiatan yang menarik dalam belajar serta lingkungan yang kondusif dan suportif. Gambaran peran orang tua dengan frekuensi nilai terbesar yaitu sebagai fasilitator (30,4%) dengan membebaskan gaya belajar siswa, menciptakan suasana aman dan nyaman, memberi ucapan selamat dan hadiah atas prestasi belajarnya, dan membuat komunikasi terbuka untuk bertukar cerita. Sedangkan gambaran peran guru BK yaitu memberikan layanan bimbingan klasikal, konseling kelompok, dan konseling individu. Sebagai fasilitator dengan memberikan angket, menggali cara dan gaya belajar siswa, memberikan penguatan, serta kerjasama dengan guru dan wali kelas. Guru BK sebagai motivator dengan memberi dorongan minimum, memberikan apresiasi, motivasi, dan memberi informasi. Kata kunci : Motivasi Belajar Siswa, Peran Guru BK, Peran Orang tua The research is based on the issue of low learning motivation among high- achieving students, often a consequence of their extensive involvement in extracurricular activities. This study investigates the crucial roles of parents and guidance counselors in enhancing learning motivation, specifically for these students, to ensure that their achievements are balanced with their academic performance in school. A qualitative case study approach was employed, utilizing non-probability sampling. Data was collected through interviews, observations, and documentation, and subsequently analyzed using thematic analysis with the aid of ATLAS.ti software. The findings indicate that the most influential internal factors affecting students' learning motivation are their awareness and perceived need to learn. Conversely, influential external factors include engaging learning activities, and a conducive and supportive environment. The role of parents was predominantly observed as facilitators (30,4%). This involved giving students freedom in their learning styles, creating a safe and comfortable atmosphere, congratulating and rewarding academic achievements, and fostering open communication for sharing experiences. The role of guidance counselors included providing classical guidance services, group counseling, and individual counseling. As facilitators, they administered questionnaires, explored students' learning methods and styles, provided reinforcement, and collaborated with teachers and homeroom teachers. As motivators, guidance counselors offered encouragement, appreciation, motivation, and provided information. Key words: Student Learning Motivation, Guidance Counselor Role, Parental Role

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 100 Filsafat dan psikologi
100 Filsafat dan psikologi > 107 Pendidikan, penelitian, topik terkait filsafat
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Bimbingan dan Konseling
Pengguna Deposit: UPT . Ery Elyasari
Date Deposited: 30 Oct 2025 07:59
Terakhir diubah: 30 Oct 2025 07:59
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92425

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir