Saeful , Alfiansah (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG .
|
File PDF
Saeful Alfiansah_Abstrak - Saeful Alfiansah.pdf Download (31Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Saeful Alfiansah_Full Tanpa Lampiran Isi - Saeful Alfiansah.pdf Restricted to Hanya staf Download (3199Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
Saeful Alfiansah_Full Tanpa Pembahasan - Saeful Alfiansah.pdf Download (2699Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) yang bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis augmented reality dengan pendekatan saintifik yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Desain penelitian mengacu pada model Plomp (Preliminary Research, Prototyping Phase, Assessment Phase). Penelitian dilakukan di SMP YBL Natar, Kecamatan Natar, pada kelas VIII semester genap tahun ajaran 2024/2025. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, angket/kuesioner, dan tes kemampuan pemecahan masalah. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan uji-t. Hasil analisis data menunjukkan bahwa media pembelajaran augmented reality yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dan praktis. Hasil Uji-t terhadap peningkatan (N-gain) kemampuan pemecahanan masalah matematis siswa diperoleh 0,001 < 0,05, sehingga media pembelajaran augmented reality efektif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Jadi, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran augmented reality berbasis pendekatan saintifik memenuhi kriteria valid, praktis, serta efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kata kunci: Media Pembelajaran, augmented reality, kemampuan pemecahan masalah This research is a development study (research and development) aimed at developing an augmented reality-based learning media with a scientific approach that is valid, practical, and effective to enhance students' mathematical problem- solving abilities. The research design follows the Plomp model (Preliminary Research, Prototyping Phase, Assessment Phase). The study was conducted at SMP YBL Natar, Natar District, involving eighth-grade students in the even semester of the 2024/2025 academic year. Data collection techniques included interviews, questionnaires, and mathematical problem-solving tests. The data analysis techniques employed were descriptive statistics and t-tests. The results of the data analysis indicate that the developed augmented reality learning media meets the criteria of being valid and practical. The t-test results on the improvement (N-gain) of students' mathematical problem-solving abilities yielded a value of 0.001 < 0.05, indicating that the augmented reality learning media effectively enhances students' mathematical problem-solving skills. Therefore, it can be concluded that the augmented reality-based learning media with a scientific approach meets the criteria of being valid, practical, and effective in improving students' mathematical problem-solving abilities. Keywords: Learning Media, Augmented Reality, Problem-Solving Skills
| Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S2 Magister Pendidikan Matematika |
| Pengguna Deposit: | UPT . Siswanti |
| Date Deposited: | 30 Oct 2025 08:56 |
| Terakhir diubah: | 30 Oct 2025 08:56 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92446 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
