Anjelika , - (2025) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP REDUKSI LEVEL MISKONSEPSI PESERTA DIDIK DIUKUR MENGGUNAKAN INSTRUMEN TES DIAGNOSTIK TWO TIER BERBASIS GOOGLE FORM. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK_ANJELIKA_2113022004 - Anjelika.pdf Download (213Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA LAMPIRAN ISI_ANJELIKA_2113022004 - Anjelika.pdf Restricted to Hanya staf Download (5Mb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN_ANJELIKA_2113022004 - Anjelika.pdf Download (2310Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning terhadap reduksi level miskonsepsi peserta didik serta mendeskripsikan perubahan peta pemahaman konsep pada materi energi dan bentuk-bentuk energi. Metode penelitian menggunakan desain One Group Pretest-Posttest Design dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan adalah 74 peserta didik kelas X G dan X H di SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung. Instrumen sebagai alat ukur berupa tes diagnostik Two tier berbasis Google Form yang terdiri atas 20 butir soal pilihan ganda beralasan, dengan kriteria skor: paham konsep (4), menebak (3), miskonsepsi (2), dan tidak paham konsep (1). Analisis data menggunakan uji normalitas Kolmogorov-Smirnov dan uji Paired Sample T-Test pada SPSS. Hasil penelitian menunjukkan adanya penurunan signifikan level miskonsepsi setelah penerapan model Discovery Learning dengan nilai signifikansi 0,00 < 0,05, yang artinya terjadi reduksi level miskonsepsi. Rata-rata persentase miskonsepsi peserta didik menurun dari 54,93% menjadi 18,44%, paham konsep meningkat dari 14,66% menjadi 55,54%, menebak menurun dari 15,00% menjadi 13,37%, dan tidak paham konsep menurun dari 15,40% menjadi 12,63%. Dengan demikian, penerapan model Discovery Learning berpengaruh positif dalam mereduksi miskonsepsi dan meningkatkan pemahaman konsep peserta didik pada materi energi dan bentuk-bentuk energi. Kata kunci: Discovery Learning, Google Form, Instrumen Tes Diagnostik Two Tier, Materi Energi, Miskonsepsi. This study aims to determine the effect of the Discovery Learning model on reducing the level of misconceptions of students and describe changes in the concept understanding map on the material of energy and forms of energy. The research method uses a One Group Pretest-Posttest Design with a quantitative approach. The sample used was 74 students of class X G and X H at SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung. The instrument as a measuring tool is a Two-tier diagnostic test based on Google Form consisting of 20 multiple-choice questions with reasoning, with the following scoring criteria: understanding the concept (4), guessing (3), misconceptions (2), and not understanding the concept (1). Data analysis uses the Kolmogorov-Smirnov normality test and the Paired Sample t-Test in SPSS. The results of the study showed a significant decrease in the level of misconceptions after the application of the Discovery Learning model with a significance value of 0.00 <0.05, which means there was a reduction in the level of misconceptions. The average percentage of students' misconceptions decreased from 54.93% to 18.44%, conceptual understanding increased from 14.66% to 55.54%, guessing decreased from 15.00% to 13.37%, and not understanding decreased from 15.40% to 12.63%. Thus, the implementation of the Discovery Learning model has a positive effect on reducing misconceptions and improving students' conceptual understanding of energy and forms of energy. Keywords: Discovery Learning, Google Form, Two Tier Diagnostic Test Instrument, Energy Material, Misconceptions.
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Fisika |
| Pengguna Deposit: | UPT . Siswanti |
| Date Deposited: | 31 Oct 2025 01:45 |
| Terakhir diubah: | 31 Oct 2025 01:45 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92455 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
