VIVI , KURNIA SARI (2025) PENGEMBANGAN LKPD BERDIFERENSIASI BERORIENTASI INQUIRY BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK - Vivi Kurnia Sari.pdf Download (240Kb) | Preview |
|
|
File PDF
TESIS FULL - Vivi Kurnia Sari.pdf Restricted to Hanya staf Download (6Mb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
TESIS FULL TANPA BAB PEMBAHASAN - Vivi Kurnia Sari.pdf Download (2545Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berdiferensiasi yang valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Desain penelitian dan pengembangan (Research and Development) dilakukan dengan model 4-D yang terdiri atas empat langkah, yaitu define, design, develop dan disseminate. Subjek penelitian adalah siswa SMA Negeri 1 Seputih Surabaya kelas XI yang terdiri atas 15 siswa dalam uji skala kecil dan 66 siswa dalam uji skala besar dengan cluster random sampling. Desain uji coba yang peneliti gunakan yakni non-equivalent control group design. Instrumen yang digunakan meliputi kuesioner analisis kebutuhan, kuesioner validitas, kuesioner kepraktisan, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan tes pretest-posttest keterampilan berpikir kritis. Teknik analisis data untuk validitas dan kepraktisan menggunakan analisis persentase deskriptif, sementara analisis data untuk efektivitas menggunakan analisis statistik (uji independent sample t-test, uji paired sample t- test, dan one-way Anova). Hasil penelitian pengembangan menunjukkan bahwa: LKPD berdiferensiasi dinyatakan sangat valid ditinjau dari aspek isi/materi dan desain/konstruksi (94%); LKPD berdiferensiasi praktis digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa ditinjau dari keterlaksanaan pembelajaran bahwa hampir seluruh aktivitas terlaksana (92,24%), respon sebagian besar siswa (94,28%) dan pendidik (96,33%) menyatakan LKPD berdiferensiasi sangat menarik; LKPD berdiferensiasi efektif meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dengan kategori effect size besar (0,99). Kesimpulannya adalah telah dihasilkan LKPD berdiferensiasi pada materi sistem pencernaan manusia yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Kata Kunci: LKPD Berdiferensiasi, Inquiry Based Learning, Keterampilan Berpikir Kritis This study aims to produce differentiated LKPD that is valid, practical, and effective in improving students' critical thinking skills. The research and development (R&D) design was conducted using the 4-D model, which consists of four steps: define, design, develop, and disseminate. The research subjects were 15 students in a small-scale trial and 66 students in a large-scale trial, selected through cluster random sampling, from class XI of SMA Negeri 1 Seputih Surabaya. The experimental design used by the researcher was a non-equivalent control group design. The instruments used included a needs analysis questionnaire, a validity questionnaire, a practicality questionnaire, an observation sheet on the implementation of learning, and a pretest-posttest on critical thinking skills. Data analysis techniques for validity and practicality used descriptive percentage analysis, while data analysis for effectiveness used statistical analysis (independent sample t-test, paired sample t-test, and one-way ANOVA). The results of the development study indicate that: Differentiated LKPD is highly valid in terms of content/material and design/construction (94%); Differentiated LKPD is practical for improving students' critical thinking skills in terms of learning implementation, as nearly all activities were implemented (92.24%); the majority of students (94.28%) and educators (96.33%) stated that differentiated LKPD was very interesting; differentiated LKPD was effective in improving students' critical thinking skills with a large effect size (0.99). The conclusion is that differentiated LKPD on the material of the human digestive system has been produced, which can improve students' critical thinking skills. Kata Kunci: Differentiated Student Worksheets, Inquiry-Based Learning, Critical Thinking Skills
| Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S2 Magister Keguruan IPA |
| Pengguna Deposit: | UPT . Desi Zulfi Melasari |
| Date Deposited: | 31 Oct 2025 01:57 |
| Terakhir diubah: | 31 Oct 2025 01:57 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92459 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
