IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN 7E TERINTEGRASI STEM-EDP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ENTREPRENEURIALTHINKING PESERTA DIDIK SMA PADA TOPIK ENERGI ALTERNATIF

Salmah , Sakinah (2025) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN 7E TERINTEGRASI STEM-EDP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ENTREPRENEURIALTHINKING PESERTA DIDIK SMA PADA TOPIK ENERGI ALTERNATIF. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT - Salma Sakinah Siregar.pdf

Download (237Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL - Salma Sakinah Siregar.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3366Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Salma Sakinah Siregar.pdf

Download (2658Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efetivitas model pembelajaran 7E (Elicit, Engage, Explore, Explain, Elaborate, Evaluate, Extend) yang terintegrasi dengan pendekatan STEM dan strategi Engineering Design Process (STEM-EDP) untuk meningkatkan kemampuan Entrepreneurial Thinking peserta didik SMA pada topik Energi Alternatif. Latar belakang penelitian ini didasari dengan kemampuan Entrepreneurial Thinking yang kurang terlatihkan dengan baik berdasarkan hasil survey dan wawancara guru fisika. Metode penelitian yang digunakan ialah quasi experiment dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Sampel pada penelitian ini terdiri dua kelas 10 di SMA N 1 Kibang, dengan kelas ekspeimen yang diberikan perlakuan model pembelajaran 7E terintegrasi STEM- EDP serta kelas kontrol yang diberikan perlakuan model pembelajaran direct instruction dengan pendekatan scientific. Data dikumpulkan melalui instrumen tes kemampuan Entrepreneurial Thinking (pre-test/post-test). Hasil uji hipotesis menggunakan Independent Sample T-test dengan nilai signifikansi 0,000 yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelas serta effect size dari nilai partial eta square sebesar 0,993 pada kategori besar. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran 7E terintegrasi STEM-EDP efektif dalam meningkatkan kemampuan Entrepreneurial Thinking peserta didik SMA, khususnya pada topik Energi Alternatif. Kata Kunci: EDP; Energi Alternatif; Entrepreneurial Thinking; Model Pembelajaran 7E; STEM This research aims to examine the effectiveness of the 7E learning model (Elicit, Engage, Explore, Explain, Elaborate, Evaluate, Extend) integrated with the STEM and the Engineering Design Process (STEM-EDP) strategy to improving the entrepreneurial thinking ability of senior high school students on the topic of alternative energy. The background of this research is based on the insufficient training of entrepreneurial thinking ability, as indicated by the results of surveys and interviews with physics teachers. The research method used is a quasi- experiment with a non-equivalent control group design. The sample consisted of two 10th-grade classes at SMA N 1 Kibang, with the experimental class receiving the 7E learning model integrated with STEM-EDP, and the control class receiving the direct instruction learning model with a scientific approach. Data were collected through an Entrepreneurial Thinking ability test (pre-test/post-test). The hypothesis test using an Independent Sample T-test with a significance level of 0.000 indicated a significant difference between the two classes and the effect size of the partial eta squared value was 0,993 which falls into the large category. Based on it, this research shows that the integrated STEM-EDP 7E learning model is effective in improving the entrepreneurial thinking ability of senior high school students, especially on the topic of alternative energy. Keywords: Alternative Energy; EDP; Entrepreneurial Thinking; 7E Learning Model; STEM

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 31 Oct 2025 02:28
Terakhir diubah: 31 Oct 2025 02:28
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92468

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir