Kevin, Virgiawan Eka Syahputra (2025) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS MASALAH OPEN – ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI BILANGAN BULAT. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG .
|
File PDF
Abstrak - Kevin Virgiawan.pdf Download (189Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Tesis Full-1-80 - Kevin Virgiawan.pdf Restricted to Hanya staf Download (1524Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
Tesis Tanpa Pembahasan-1-66 - Kevin Virgiawan.pdf Download (1273Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis masalah open-ended yang valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada materi bilangan bulat. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate). Subjek penelitian terdiri dari ahli materi, ahli media, guru matematika, serta siswa kelas VII SMP Negeri 1 Rumbia. Hasil validasi menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dari aspek materi dan media. Kriteria validitas diperoleh dari penilaian ahli materi dengan skor 0,81 (valid) dan 0,78 (valid) serta ahli media dengan skor 0,85 (valid) dan 0,75 (valid). Uji kepraktisan diperoleh melalui tanggapan guru dan siswa setelah uji coba kelompok kecil menunjukan bahwa LKPD termasuk dalam kategori sangat praktis. Kriteria kepraktisan diperoleh melalui penilaian guru dengan skor 0,85 (sangat praktis) dan siswa dengan skor 0,84 (sangat praktis). Efektivitas LKPD diuji melalui pretest dan posttest pada kelas eksperimen dan kontrol dengan hasil peningkatan skor N-Gain yang signifikan pada kelas eksperimen. Hasil uji-t menunjukkan bahwa penggunaan LKPD berbasis masalah open-ended secara signifikan lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis dibandingkan dengan pembelajaran menggunakan buku teks biasa. Dengan demikian, LKPD ini dapat menjadi alternatif bahan ajar yang inovatif untuk mendukung pembelajaran matematika yang mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Kata kunci : LKPD; masalah open-ended; berpikir kreatif matematis; bilangan bulat; pengembangan bahan ajar. This study aims to develop an open-ended problem-based Student Worksheet (LKPD) that is valid, practical, and effective in enhancing students’ mathematical creative thinking skills on the topic of integers. The research method used is Research and Development (R\&D) following the ADDIE model (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate). The subjects of this study consisted of subject matter experts, media experts, a mathematics teacher, and Grade VII students of SMP Negeri 1 Rumbia. The validation results show that the developed LKPD meets the criteria of validity in terms of content and media. The validity criteria were obtained from expert evaluations, with scores of 0.81 (valid) and 0.78 (valid) from the subject matter experts, and 0.85 (valid) and 0.75 (valid) from the media experts. Practicality testing, conducted through teacher and student responses, indicated that the LKPD falls into the “very practical” category. Practicality scores were 0.85 (very practical) from the teacher and 0.84 (very practical) from the students. The effectiveness of the LKPD was tested through pretests and posttests in both experimental and control classes, showing a significant N-Gain score improvement in the experimental class. The t-test results demonstrated that the use of the open- ended problem-based LKPD is significantly more effective in enhancing students’ mathematical creative thinking abilities compared to instruction using standard textbooks. Therefore, this LKPD can serve as an innovative alternative teaching material to support mathematics learning that fosters students' creative thinking skills. Keywords : LKPD, open-ended problems, mathematical creative thinking, integers, instructional material development.
| Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S2 Magister Pendidikan Matematika |
| Pengguna Deposit: | UPT . Siswanti |
| Date Deposited: | 31 Oct 2025 03:36 |
| Terakhir diubah: | 31 Oct 2025 03:38 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92497 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
