PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS INQUIRY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN ADVERSITY QUOTIENT PESERTA DIDIK

Amei , Aprillia (2025) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS INQUIRY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN ADVERSITY QUOTIENT PESERTA DIDIK. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Amey Aprillia.pdf

Download (133Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL - Amey Aprillia.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1931Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA PEMBAHASAN - Amey Aprillia.pdf

Download (1841Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik (E-LKPD) berbasis Inquiry Learning yang terkategori valid, praktis, dan mengetahui efektivitasnya dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan Adversity Quotient (AQ) peserta didik. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Research and Development (R&D), dengan menggunakan model penelitian Borg and Gall. Teknik pengumpulan data yang digunakan diantaranya wawancara, angket, observasi dan tes. Hasil analisis menunjukkan bahwa, pengembangan E-LKPD berbasis Inquiry Learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan AQ peserta didik memiliki kriteria valid dan praktis. Dari hasil uji proporsi pada kelas eksperimen didapat nilai Zhitung = 0,53 < Ztabel = 1,65 dan hasil uji Independent Sample t-Test didapat nilai sig = 0,00 < α = 0,05. Sehingga, E-LKPD berbasis Inquiry Learning tidak efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis, namun terdapat pengaruh signifikan dalam meningkatkan AQ peserta didik. Kata kunci: E-LKPD, Inquiry Learning, kemampuan pemecahan masalah, Adversity Quotient (AQ) The purpose of this study was to produce Student Elektronic Worksheets (E-LKPD) based on Inquiry Learning abilities that were valid, practical, and to investigate effectiveness in improve students mathematical problem solving and Adversity Quotient (AQ). This research type is Research and Development (R&D) using the Borg and Gall research model. The data collection techniques used were interviews, questionnaires, observations, and tests. The analysis results indicated that the development of Inquiry Learning-based E-LKPD to enhance mathematical problem-solving abilities and AQ of students is characterized as both valid and practical criteria. From the proportion test results in the experimental class, Zcount = 0,53 < Ztable = 1,65 and from the Independent Sample t-Test the obtained value of sig = 0,00 < α = 0,05. Thus, E-LKPD based on the Inquiry Learning was not effective in improving mathematical problem solving abilities, but there was a significant influence on improving students AQ. Keywords: E-LKPD, Inquiry Learning, problem solving ability, Adversity Quotient (AQ)

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S2 Magister Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: UPT . Siswanti
Date Deposited: 31 Oct 2025 04:19
Terakhir diubah: 31 Oct 2025 04:19
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92511

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir