PENGARUH MODEL ARGUMENT-DRIVEN INQURIY (ADI) TERINTEGRASI STEM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF PESERTA DIDIK PADA MATERI BIOTEKNOLOGI

Desraya, Laden Na'ilah (2025) PENGARUH MODEL ARGUMENT-DRIVEN INQURIY (ADI) TERINTEGRASI STEM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF PESERTA DIDIK PADA MATERI BIOTEKNOLOGI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK_DESRAYA LADEN NA'ILAH_2113024026 - Desraya Laden Na'ilah.pdf

Download (97Kb) | Preview
[img] File PDF
FULL SKRIPSI_DESRAYA LADEN NA'ILAH_2113024026 - Desraya Laden Na'ilah.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3844Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN_DESRAYA LADEN NA'ILAH_2113024026 - Desraya Laden Na'ilah.pdf

Download (1821Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Argument-Driven Inquiry (ADI) terintegrasi STEM terhadap kemampuan berpikir reflektif peserta didik pada materi bioteknologi dan tanggapan peserta didik mengenai model ADI terintegrasi STEM. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas X SMAN 1 Abung Selatan, Lampung Utara semester genap tahun ajaran 2024/2025. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X A sebagai kelas kontrol dan kelas X B sebagai kelas eksperimen masing-masing berjumlah 32 orang yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif diperoleh melalui pretest-posttest yang dianalisis menggunakan uji Independent sample t-test. Sementara itu, data kualitatif diperoleh melalui tanggapan peserta didik terhadap model ADI terintegrasi STEM dikumpulkan melalui angket dan analisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model ADI terintegrasi STEM berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir reflektif, dengan hasil uji hipotesis (uji-t) menunjukkan (P<0,05) antara kelas yang menggunakan model ADI terintegrasi STEM dengan model Discovery Learning. Hasil rata-rata N-Gain menunjukkan N-Gain kelompok eksperimen sebesar 0,46 kategori sedang, lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol dengan rata-rata N-Gain 0,34 kategori sedang. Dilakukan juga uji effect size yang menunjukkan nilai 0,68 dengan interpretasi efektivitas sedang. Pada kelas eksperimen dan kelas kontrol indikator kemampuan berpikir reflektif yang paling tinggi adalah reacting sedangkan indikator kemampuan berpikir reflektif yang paling rendah adalah contemplating. Berdasarkan hasil angket tanggapan peserta didik didapatkan rata-rata persentase 87,59% yang menunjukkan bahwa penerapan model ADI terintegrasi STEM sangat baik digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir reflektif peserta didik. Kata kunci: Bioteknologi; Kemampuan Berpikir Reflektif; Model Argument- Driven Inquiry (ADI) terintegrasi STEM. This study aims to determine the effect of the STEM-integrated Argument-Driven Inquiry (ADI) model on students' reflective thinking skills on biotechnology material and students' responses regarding the STEM-integrated ADI model. The population in this study were grade X students of SMAN 1 Abung Selatan, North Lampung in the even semester of the 2024/2025 academic year. The sample in this study was 32 students of class X A as the control class and class X B as the experimental class, each of which was selected using a cluster random sampling technique. The data in this study were quantitative data obtained through pretest- posttest analyzed using the Independent sample t-test. Meanwhile, qualitative data were obtained through students' responses to the STEM-integrated ADI model collected through questionnaires and descriptive analysis. The results showed that the application of the STEM-integrated ADI model had a significant effect on improving reflective thinking skills, with the results of the hypothesis test (t-test) showing (P <0.05) between classes using the STEM-integrated ADI model and the Discovery Learning model. The average N-Gain results showed that the N-Gain of the experimental group was 0.46 in the medium category, higher than the control group with an average N-Gain of 0.34 in the medium category. An effect size test was also conducted which showed a value of 0.68 with an interpretation of medium effectiveness. In the experimental and control classes, the highest indicator of reflective thinking ability was reacting, while the lowest indicator of reflective thinking ability was contemplating. Based on the results of the student response questionnaire, an average percentage of 87.59% was obtained, indicating that the application of the STEM-integrated ADI model is very good for improving students' reflective thinking abilities. Keywords: Biotechnology; Reflective Thinking Skills; STEM-integrated Argument-Driven Inquiry (ADI) Model.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: UPT . Siswanti
Date Deposited: 02 Nov 2025 06:24
Terakhir diubah: 02 Nov 2025 06:24
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92567

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir