ANISSA , FAHTURAHMI (2025) PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASSESSMENT FOR LEARNING (AfL) UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN KOLABORASI DAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PROYEK. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT -ANISSA FAHTURAHMI.pdf Download (102Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. SKRIPSI FULL - ANISSA FAHTURAHMI.pdf Restricted to Hanya staf Download (3494Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - ANISSA FAHTURAHMI.pdf Download (2225Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangankan instrumen assessment for learning untuk mengukur kemampuan kolaborasi dan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran fisika berbasis proyek yang valid, reliabel dan praktis untuk digunakan. Instrumen ini dikembangkan berdasarkan capaian pembelajaran fisika pada Fase F kurikulum merdeka. Instrumen penilaian kemampuan kolaborasi dikembangkan dengan 3 indikator yaitu kontribusi, teknik penyidikan dan fleksibilitas. Instrumen penilaian kemampuan berpikir kritis yang dikembangkan menggunakan 3 indikator yaitu, analysis, creation, dan evaluation. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan 5 tahapan pengembangan yaitu, analyze (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi) dan evaluation (evaluasi). Validasi produk dilakukan oleh dua dosen ahli dan satu guru untuk menilai aspek konstruksi, substansi, dan bahasa. Berdasarkan hasil validasi ahli instrumen assessment for learning kemampuan kolaborasi dan berpikir kritis diperoleh skor sebesar 94,61% dengan kategori sangat valid. Oleh karena itu instrumen assessment for learning kemampuan kolaborasi dan berpikir kritis ini diuji coba kepada 36 peserta didik, kemudian dianalisis menggunakan model Rasch berbantuan Software Ministep 5.8.5.0. Berdasarkan hasil analisis data uji coba diperoleh 5 butir soal pada instrumen kemampuan kolaborasi dan 6 butir soal instrumen kemampuan berpikir kritis dinyatakan valid. Butir soal pada instrumen assessment for learning kemampuan kolaborasi dan berpikir kritis peserta didik juga dinyatakan reliabel dengan nilai alpha Cronbach berturut-turut sebesar 0,86 dan 0,76 dengan kategori bagus sekali dan bagus. Uji kepraktisan instrumen assessment for learning kemampuan kolaborasi dan berpikir kritis peserta didik memperoleh skor rata- rata 98,61 dengan kriteria sangat praktis. Produk akhir instrumen assessment for learning kemampuan kolaborasi dan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran fisika berbasis proyek yang dikembangkan telah memenuhi standar kelayakan instrumen yaitu valid, reliabel, dan praktis. Kata kunci: Assessment for Learning, Kemampuan Kolaborasi, Kemampuan Berpikir Kritis, Pembelajaran Fisika Berbasis Proyek. This study aims to develop an Assessment for Learning (AfL) instrument to measure students' collaboration and critical thinking skills in Project based physics Learning that is valid, reliable, and practical to use. The instrument was developed based on the learning outcomes of physics in Phase F of the Merdeka Curriculum. The assessment instrument for collaboration skills was developed using three indicators contribution, inquiry technique, and flexibility. The assessment instrument for critical thinking skills was developed using three indicators analysis, creation, and evaluation This research is a research and development (R&D) study, employing five development stages analyze, design, development, implementation, and evaluation. The product validation was carried out by two expert lecturers and one teacher to assess the aspects of construction, substance, and language. Based on the expert validation results, the AfL instrument for collaboration and critical thinking skills obtained a score of 94.61%, categorized as very valid. Therefore, the AfL instrument was tested on 36 students and analyzed using the Rasch model with the assistance of Ministep Software version 5.8.5.0. The trial data analysis showed that 5 items of the collaboration skills instrument and 6 items of the critical thinking skills instrument were declared valid. The items of the AfL instrument for collaboration and critical thinking skills were also found to be reliable, with Cronbach's alpha values of 0.86 and 0.76, respectively, categorized as excellent and good. The practicality test of the instrument yielded an average score of 98.61, indicating a very practical category. The final product of the Assessment for Learning instrument for measuring students' collaboration and critical thinking skills in project-based physics learning has met the standards of a quality instrument valid, reliable, and practical. Keywords: Assessment for Learning, Collaboration Ability, Critical Thinking Ability, Project Based Learning.
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Fisika |
| Pengguna Deposit: | UPT . Siswanti |
| Date Deposited: | 03 Nov 2025 03:17 |
| Terakhir diubah: | 03 Nov 2025 03:17 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92607 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
