PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENGETAHUI PERBEDAAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI KELAS XI IPS DI SMA ISLAM KEBUMEN KECAMATAN SUMBEREJO KABUPATEN TANGGAMUS TAHUN AJARAN 2022/2023

Annisa Nur Faidah, - (2025) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENGETAHUI PERBEDAAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI KELAS XI IPS DI SMA ISLAM KEBUMEN KECAMATAN SUMBEREJO KABUPATEN TANGGAMUS TAHUN AJARAN 2022/2023. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT - ANNISA NUR FAIDAH.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL - ANNISA NUR FAIDAH.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2185Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - ANNISA NUR FAIDAH.pdf

Download (1921Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuaan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran cooperative script dengan model konvensional pada pembelajaran geografi di kelas XI IPS SMAS Islam Kebumen. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan desain nonequivalent control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian adalah siswa kelas XI IPS 2 sebagai kelompok eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran cooperative script dan siswa kelas XI IPS 1 sebagai kelompok kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Sampel pada tiap kelompok berjumlah 28 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes essay. Analisis data menggunakan uji independent sample t-test diperoleh nilai sig (2-tailed) 0,00 yang artinya kurang dari 0.05. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara rata-rata nilai posttest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kata kunci: model pembelajaran, cooperative script, hasil belajar, geografi. This study aims to determine the differences in student learning outcomes that apply the cooperative script learning model with the conventional model in geography learning in class XI IPS SMAS Islam Kebumen. The research method used is quasi- experimental with a nonequivalent control group design. Sampling was carried out using a purposive sampling technique. The sample in the study was students of class XI IPS 2 as the experimental group using the cooperative script learning model and students of class XI IPS 1 as the control group using conventional learning. The sample in each group amounted to 28 students. Data collection was carried out using an essay test. Data analysis using the independent sample t-test obtained a sig value (2-tailed) of 0.00 which means less than 0.05. So it can be concluded that there is a significant difference between the average posttest scores of the experimental group and the control group. Keywords: learning model, cooperative script, learning outcomes, geography.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Geografi IPS
Pengguna Deposit: UPT . Ery Elyasari
Date Deposited: 03 Nov 2025 06:19
Terakhir diubah: 03 Nov 2025 06:19
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92629

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir