NISTIYANI ANGGRAINI, - (2025) IMPLEMENTASI MODEL PJBL-STEM DENGAN STRATEGI DESIGN THINKING UNTUK MENINGKATKAN COMPUTATIONAL THINKING PESERTA DIDIK SMA PADA TOPIK FLUIDA DINAMIS. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK - NISTIYANI ANGGRAINI.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. SKRIPSI FULL - NISTIYANI ANGGRAINI.pdf Restricted to Hanya staf Download (2865Kb) |
||
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - NISTIYANI ANGGRAINI.pdf Download (2046Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model PjBL�STEM dengan strategi Design Thinking terhadap peningkatan keterampilan computational thinking pada topik Fluida Dinamis. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan desain non-equivalent control group design yang dilaksanakan di SMAN 2 Negeri Besar. Instrumen penelitian berupa tes esai yang mengukur keterampilan computational thinking peserta didik. Hasil analisis menunjukkan bahwa N-gain pada kelas eksperimen mencapai 0,57 dan pada kelas kontrol memperoleh N-gain sebesar 0,36 dengan keduanya berada dalam kategori sedang. Uji hipotesis menggunakan Independent Sample T-test menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, yang mengindikasikan perbedaan signifikan dalam peningkatan keterampilan computational thinking antara kedua kelas. Selain itu, uji effect size menunjukkan nilai partial eta square sebesar 0,558, yang dikategorikan tinggi, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model PjBL�STEM dengan strategi Design Thinking memiliki pengaruh yang kuat dalam meningkatkan keterampilan computational thinking peserta didik. Hasil tersebut menunjukkan bahwa model ini terbukti lebih efektif dibandingkan model Inquiry Learning yang diterapkan di kelas kontrol. Kata kunci: Computational Thinking, Design Thinking, Fluida Dinamis PjBL�STEM This study aims to analyze the effect of implementing the PjBL STEM model with the Design Thinking strategy on improving computational thinking skills on Dynamic Fluids. The method used is an experiment with a non-equivalent control group design implemented at SMAN 2 Negeri Besar. The research instrument is an essay test that measures students' computational thinking skills. The analysis results show that the N-gain in the experimental class reached 0.57 and the control class obtained an N-gain of 0.36 with both being in the moderate category. Hypothesis testing using the Independent Sample T-test produces a significance value of 0.000 <0.05, which indicates a significant difference in improving computational thinking skills between the two classes. In addition, the effect size test shows a partial eta square value of 0.558, which is categorized as high, so it can be concluded that the implementation of the PjBL STEM model with the Design Thinking strategy has a strong influence in improving students' computational thinking skills. These results show that this model is proven to be more effective than the Inquiry Learning model applied in the control class. Keywords: Computational Thinking, Desaign Thinking, Fluid Dynamics, PjBL�STEM
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S2 Magister Pendidikan Fisika |
| Pengguna Deposit: | UPT . Ery Elyasari |
| Date Deposited: | 04 Nov 2025 08:35 |
| Terakhir diubah: | 04 Nov 2025 08:35 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92680 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
