KIRANA , AMANDA PRASASI (2025) SUDUT PANDANG PADA NOVEL BU, TIDAK ADA TEMAN MENANGIS MALAM INI KARYA BOY CANDRA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN TEKS PROSA DI SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK - Kirana Amanda Prasasi.pdf Download (248Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SKRIPSI FULL - Kirana Amanda Prasasi.pdf Restricted to Hanya staf Download (1340Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN - Kirana Amanda Prasasi.pdf Download (1240Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan sudut pandang dalam novel Bu, Tidak Ada Teman Menangis Malam Ini karya Boy Candra dan implikasinya bagi pembelajaran teks prosa di tingkat SMA. Fokus utama penelitian adalah pada penggunaan sudut pandang dalam menggambarkan kondisi psikologis tokoh utama. Selain itu, penelitian ini juga mengkaji penerapan sudut pandang tersebut dalam proses pembelajaran sastra di sekolah. Dengan demikian, penelitian ini mengidentifikasi jenis-jenis sudut pandang yang ada dalam novel dan menganalisis pemanfaatannya sesuai dengan Kurikulum Merdeka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan struktural berdasarkan teori sudut pandang oleh Robert Stanton, yang mencakup sudut pandang orang pertama utama, orang pertama sampingan, orang ketiga terbatas, dan orang ketiga tidak terbatas. Data diperoleh melalui teknik baca dan catat, dengan peneliti sebagai instrumen utama. Data diklasifikasikan berdasarkan jenis sudut pandang, kemudian dianalisis untuk menjelaskan secara singkat aspek psikologis tokoh serta kemungkinan integrasinya dalam kegiatan pembelajaran. Hasil analisis disajikan dalam bentuk naratif dan tabel pendukung. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa sudut pandang orang ketiga terbatas adalah yang paling dominan, dengan 25 data dan sudut pandang orang ketiga tidak terbatas 5 data dari temuan 30 data. Penggunaan sudut pandang ini memungkinkan pembaca untuk memahami lebih dalam kondisi batin tokoh utama. Temuan ini menunjukkan bahwa novel tersebut memiliki potensi sebagai bahan ajar yang efektif dalam pembelajaran teks prosa karena dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis, empati, serta pemahaman terhadap teknik penceritaan dalam karya sastra. Selanjutnya, hasil penelitian ini akan diterapkan dalam pembelajaran teks prosa di SMA melalui Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Kata kunci: analisis, novel, pembelajaran, sudut pandang, teks prosa This study aims to explain the point of view in Boy Candra's novel Bu, Tidak Ada Teman Menangis Malam Ini (Mom, No One Is Crying Tonight) and its implications for teaching prose at the high school level. The main focus of the study is on the use of point of view in describing the psychological condition of the main character. Additionally, this study examines the application of these perspectives in the process of teaching literature in schools. Thus, this study identifies the types of perspectives present in the novel and analyzes their utilization in accordance with the Merdeka Curriculum. The method used in this study is qualitative descriptive with a structural approach based on Robert Stanton's theory of point of view, which includes first- person main, first-person secondary, third-person limited, and third-person unrestricted points of view. Data was obtained through reading and note-taking techniques, with the researcher as the primary instrument. Data were classified based on the type of point of view, then analyzed to briefly explain the psychological aspects of the characters and the possibility of their integration into learning activities. The analysis results are presented in narrative form and supporting tables. Based on the results of the study, it was found that the limited third-person point of view was the most dominant, with 25 data points, and the unlimited third- person point of view had 5 data points from a total of 30 data points. The use of this perspective allows readers to gain a deeper understanding of the main character's inner state. These findings indicate that the novel has the potential to be used as effective teaching material in prose text learning because it can improve critical thinking skills, empathy, and understanding of storytelling techniques in literary works. Furthermore, the results of this study will be applied in prose text learning in high schools through Student Worksheets (LKPD). Keywords: analysis, novel, learning, point of view, prose text
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah |
| Pengguna Deposit: | UPT . Desi Zulfi Melasari |
| Date Deposited: | 05 Nov 2025 03:28 |
| Terakhir diubah: | 05 Nov 2025 03:28 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92713 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
