Fitri , Handayani (2025) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG .
|
File PDF
ABSTRAK - Fitri Handayani.pdf Download (17Kb) | Preview |
|
|
File PDF
TESIS FULL -Fitri Handayani.pdf Restricted to Hanya staf Download (2050Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN - Fitri Handayani.pdf Download (1383Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik, khususnya pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Hasil belajar yang rendah ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti metode pengajaran yang kurang menarik, minimnya keterlibatan aktif siswa, atau kurangnya pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan. Hal ini berdampak pada kemampuan siswa dalam memahami dan mengaplikasikan konsep-konsep dasar Bahasa Indonesia, yang pada akhirnya mempengaruhi prestasi akademik mereka secara keseluruhan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan mengembangkan LKPD berbasis discovery learning yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V di UPT SDN 4 Bandungbaru kecamatan Adiluwih kabupaten Pringsewu Lampung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D), pengembangan dilakukan mengacu pada teori 4-D. Sampel penelitian ini adalah 21 siswa kelas V di UPT SD Negeri 4 Bandungbaru kecamatan Adiluwih. Teknik pengumpulan data penelitian meliputi observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi analisis data deskriptif kualitatif dan analisis data deskriptif kuantitatif. LKPD berbasis discovery learning melalui tahap kevalidan yang meliputi uji coba validasi ahli materi, media, dan bahasa. Uji Kepraktisan melalui uji praktikalitas respon pendidik dan peserta didik. Uji keefektivan melalui uji independent sample t-test. 1) Hasil validasi ahli materi memperoleh skor persentase sebesar 0,83% (sangat valid), ahli media memperoleh skor persentase sebesar 0,96% (sangat valid), dan ahli bahasa memperoleh skor persentase sebesar 0,88% (sangat valid). 2) Hasil uji kepraktisan respon peserta didik memperoleh rata-rata persentase sebesar 94% (sangat praktis), sedangkan hasil uji kepraktisan respon pendidik memperoleh rata-rata persentase sebesar 96% (sangat praktis). 3) Hasil uji efektivitas memperoleh nilai sebesar < 0,001 < 005 artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai sebelum diberikan perlakuan menggunakan LKPD berbasis discovery learning dan nilai setelah diberikan perlakuan dengan meggunakan LKPD berbasis discovery learning. Kata Kunci : Discovery learning, Hasil Belajar, Lembar Kerja Siswa, Pembelajaran Bahasa Indonesia The problem in this research is the low learning outcomes of students, especially in learning Indonesian. These low learning outcomes can be caused by various factors, such as less interesting teaching methods, lack of active student involvement, or students' lack of understanding of the material being taught. This has an impact on students' ability to understand and apply basic Indonesian concepts, which ultimately affects their overall academic achievement. This research aims to analyze the factors that influence low student learning outcomes in Indonesian language subjects by developing valid, practical and effective Discovery Learning- based LKPD to improve the learning outcomes of class V students at UPT SDN 4 Bandungbaru, Adiluwih sub-district, Pringsewu district, Lampung. This research is a type of Research and Development (R&D) research, development is carried out referring to 4-D theory. The sample for this research was 21 class V students at UPT SD Negeri 4 Bandungbaru, Adiluwih sub-district. Research data collection techniques include observation, interviews, questionnaires and documentation. Data analysis techniques include qualitative descriptive data analysis and quantitative descriptive data analysis. Discovery learning-based LKPD goes through a validity stage which includes validation trials by material, media and language experts. Practicality Test through testing the practicality of educators' and students' responses. Test effectiveness through the independent sample t-test. 1) Validation results from material experts obtained a percentage score of 0.83% (very valid), media experts obtained a percentage score of 0.96% (very valid), and language experts obtained a percentage score of 0.88% (very valid). 2) The results of the practicality test of students' responses obtained an average percentage of 94% (very practical), while the results of the practicality test of educators' responses obtained an average percentage of 96% (very practical). 3) The results of the effectiveness test obtained a value of <0.001 <005, meaning that there was a significant difference between the value before being given treatment using discovery learning-based LKPD and the value after being given treatment using discovery learning-based LKPD. Keywords: Discovery learning, Learning Outcomes, Student Worksheets, Indonesian Language Learning
| Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S2 Magister Keguruan Guru SD (KGSD) |
| Pengguna Deposit: | UPT . Siswanti |
| Date Deposited: | 05 Nov 2025 07:21 |
| Terakhir diubah: | 05 Nov 2025 07:21 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92730 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
