Diah , Anggraini (2025) HUBUNGAN MEDIA SOSIAL TIKTOK DENGAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI DI DESA MARGA AGUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK_DIAH ANGGRAINI - Diah Anggraini.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SKRIPSI FULL_DIAH ANGGRAINI - Diah Anggraini.pdf Restricted to Hanya staf Download (2022Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN_DIAH ANGGRAINI - Diah Anggraini.pdf Download (1467Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penggunaan media sosial TikTok terhadap perkembangan bahasa anak usia dini. Peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode ex post facto. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 anak yang berusia 5-6 tahun beserta masing-masing orang tua dengan menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menyebar angket kepada orang tua dan melakukan observasi kepada anak, kemudian dianalisis menggunakan uji korelasi pearson product moment. Hasil menunjukkan bahwa nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0.176 dengan nilai signifikansi sebesar 0.353 (> 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan antara penggunaan media sosial TikTok dan perkembangan bahasa anak usia dini. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media sosial TikTok tidak menunjukkan hubungan yang signifikan dengan perkembangan bahasa anak usia dini di Desa Marga Agung. Kata kunci: anak usia dini, media sosial, TikTok, perkembangan bahasa This study aims to determine the relationship between the use of TikTok social media and the language development of early childhood. This research used quantitative research with the ex post facto method. The sample in this study consisted of 30 children aged 5-6 years and their respective parents using simple random sampling technique. Data collection in this study was carried out by distributing questionnaires to parents and observing children, then it was analyzed using the Pearson product moment correlation test. The results show that the correlation coefficient (r) value is 0.176 with a significance value of 0.353 (> 0.05). This indicates that there is no relationship between the use of TikTok social media and the language development of early childhood. Thus, it can be concluded that the use of TikTok social media does not show a significant relationship with the language development of early childhood in Marga Agung Village. Keywords: early childhood, social media, TikTok, language development
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) |
| Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
| Date Deposited: | 07 Nov 2025 07:39 |
| Terakhir diubah: | 07 Nov 2025 07:39 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92825 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
