IMPLEMENTASI MODEL PROJECT BASED LEARNING TERINTEGRASI STEM TERHADAP KETERAMPILAN BERFIKIR KREATIF SISWA DI MALAYSIA

MUHAMAD , RAYANDA (2025) IMPLEMENTASI MODEL PROJECT BASED LEARNING TERINTEGRASI STEM TERHADAP KETERAMPILAN BERFIKIR KREATIF SISWA DI MALAYSIA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Muhamad Rayanda.pdf

Download (81Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI_MUHAMAD RAYANDA_TANPA LAMPIRAN - Muhamad Rayanda.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3785Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI_MUHAMAD RAYANDA_TANPA PEMBAHASAN - Muhamad Rayanda.pdf

Download (3272Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model Project Based Learning terintegrasi STEM terhadap keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi sistem peredaran darah. Sampel penelitian terdiri dari satu kelas yang dipilih dengan teknik sampel jenuh. Desain penelitian yang digunakan ialah desain one group pretest-posttest, data penelitian didapatkan dengan memberikan pretest dan posttest untuk melihat adanya pengaruh perlakuan terhadap keterampilan berpikir kreatif di kelas sampel, sedangkan penggunaan angket bertujuan untuk mengetahui tanggapan peserta didik terhadap penggunaan model PjBL terintegrasi STEM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model PjBL terintegrasi STEM berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berpikir kreatif peserta didik, dengan nilai signifikansi uji paired sample t-test sebesar 0,00. Rata-rata n-gain sebesar 0,76 yang termasuk kategori tinggi. Hasil penilaian produk kreatif diperoleh nilai 80,5 dengan kategori baik. Hasil angket tanggapan peserta didik diperoleh nilai 80,2 dengan kategori baik. Kata Kunci : PjBL, STEM, keterampilan berpikir kreatif, dan sistem peredaran darah

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 07 Nov 2025 08:51
Terakhir diubah: 07 Nov 2025 08:51
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92855

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir