TINDAK TUTUR DIREKTIF NOVEL GANJIL GENAP KARYA ALMIRA BASTARI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN TEKS PIDATO KELAS VIII SMP

KURNIA , SARI (2025) TINDAK TUTUR DIREKTIF NOVEL GANJIL GENAP KARYA ALMIRA BASTARI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN TEKS PIDATO KELAS VIII SMP. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERISTAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
Abstrak - Kurnia Sari.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL - Kurnia Sari.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (727Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Kurnia Sari.pdf

Download (543Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan fungsi komunikatif tindak tutur direktif secara langsung dan tidak langsung yang terdapat dalam Novel Ganjil Genap karya Almira Bastari dan implikasinya terhadap pembelajaran teks pidato kelas VIII SMP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah deskriptif kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian berupa dialog tuturan tokoh yang ada dalam percakapan tokoh Novel Ganjil Genap karya Almira Bastari dan berisi tindak tutur direktif, sedangkan sumber data yang digunakan adalah buku Novel Ganjil Genap karya Almira Bastari cetakan keempat di tahun 2022 yang berjumlah 344 halaman. Pengumpulan data dalam penelitian ini ditempuh dengan langkah-langkah membaca, menandai, dan mencatat. Setelah data dikumpulkan dan dicatat, peneliti melakukan analisis melalui beberapa tahap, di antaranya membaca kembali data yang telah ditandai dan dicatat, mengidentifikasi dan menandai data secara langsung dan tidak langsung, menyajikan tabulasi data, memberikan penomoran, dan menjelaskannya melalui korpus data, melakukan pemeriksaan kembali, dan mengimplikasikan hasil temuan terhadap pembelajaran teks pidato kelas VIII SMP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fungsi komunikatif tindak tutur direktif dalam Novel Ganjil Genap karya Almira Bastari berjumlah 227 data yang meliputi fungsi komunikatif meminta, memerintah, memohon, menasihati, menyarankan, bertanya, melarang, dan mengizinkan yang dikategorian atas 182 data secara langsung dan 45 data secara tidak langsung. Hasil dari penelitian diimplikasikan melalui pembelajaran Bahasa Indonesia, materi menulis teks pidato, di kelas VIII SMP, fase D Kurikulum Merdeka, yaitu dalam penerapan kalimat persuasif dan ungkapan rasa peduli atau simpati teks pidato dengan mengemas bahasa yang biasa digunakan pada tuturan sehari-hari menjadi lebih bervariasi dan menghadirkan tindak tutur direktif di dalamnya. Kata Kunci: novel, tuturan, pembelajaran This study aims to describe the communicative function of direct and indirect directive speech acts contained in the novel Ganjil Genap by Almira Bastari and its implications for the learning of speech texts in class VIII junior high school. The method used in this research is descriptive qualitative. The data used in the research is in the form of dialogue of character speech in the conversation of the characters of Almira Bastari's Odd Even Novel and contains directive speech acts, while the data source used is the book of Almira Bastari's Odd Even Novel, the fourth printing in 2022 which totals 344 pages. Data collection in this study was taken with the steps of reading, marking, and recording. After the data were collected and recorded, the researcher conducted an analysis through several stages, including re-reading the data that had been marked and recorded, identifying and marking the data directly and indirectly, tabulating the data, numbering, and explaining it through the data corpus, re-examining, and implicating the findings to the learning of speech texts in class VIII junior high school. The results showed that the communicative functions of directive speech acts in Almira Bastari's Ganjil Genap Novel amounted to 227 data which included the communicative functions of asking, commanding, pleading, advising, suggesting, asking, prohibiting, and allowing which were categorized into 182 direct data and 45 indirect data. The results of the study are implied through Indonesian language learning, material for writing speech texts, in class VIII junior high school, phase D of the Merdeka Curriculum, namely in the application of persuasive sentences and expressions of care or sympathy in speech texts by packaging language commonly used in everyday speech to be more varied and presenting directive speech acts in it. Keywords: novel, speech, learning

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
400 Bahasa
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 10 Nov 2025 02:31
Terakhir diubah: 10 Nov 2025 02:31
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92887

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir