RAJWA , WENING RAHAYU (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL BERBASIS POWER POINT DAN AUDIO VISUAL TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DENGAN MEMPERHATIKAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA SMA NEGERI 5 BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERISTAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK - 38_Rajwa wening.pdf Download (140Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SKRIPSI FULL - 38_Rajwa wening.pdf Restricted to Hanya staf Download (2235Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - 38_Rajwa wening.pdf Download (2013Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar siswa dalam proses pembelajaran konvensional yang cenderung monoton dan kurang melibatkan aspek visual. Kurangnya variasi media pembelajaran menyebabkan siswa cepat merasa bosan dan tidak antusias dalam mengikuti pelajaran. Oleh karena itu, dibutuhkan inovasi dalam pemanfaatan media digital seperti Power Point dan audio visual yang dapat menarik perhatian siswa serta meningkatkan motivasi mereka dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran digital berbasis Power Point dan audio visual terhadap minat belajar siswa, dengan memperhatikan peran motivasi belajar sebagai variabel antara. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 5 Bandar Lampung. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan ex post facto. Pengumpulan data dilakukan melalui angket dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis jalur (path analysis). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 5 Bandar Lampung. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 64 siswa yang dipilih dengan teknik non probability sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur dan diolah dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Power Point dan media audio visual secara langsung berpengaruh signifikan terhadap minat belajar siswa. Selain itu, motivasi belajar juga terbukti berperan sebagai mediator dalam memperkuat pengaruh media pembelajaran terhadap minat belajar siswa. Kata Kunci : media audio visual, minat belajar, motivasi belajar, power point. This research is motivated by the low level of student learning interest in conventional learning processes, which tend to be monotonous and lack visual engagement. The limited variety of instructional media causes students to become easily bored and less enthusiastic about participating in lessons. Therefore, innovation is needed in utilizing digital media such as PowerPoint and audiovisual tools that can capture students' attention and enhance their learning motivation. The aim of this study is to determine the effect of using digital learning media based on PowerPoint and audiovisual materials on students’ learning interest, while also considering the role of learning motivation as a mediating variable. The subjects of this research were 11th-grade students at SMA Negeri 5 Bandar Lampung. The research employed a quantitative method with an ex post facto approach. Data were collected through questionnaires and documentation, and analyzed using path analysis. The sample consisted of 64 students selected through non-probability sampling. Data were processed with the help of SPSS software. The results showed that the use of PowerPoint and audiovisual media had a significant direct effect on students’ learning interest. Furthermore, learning motivation was proven to act as a mediator that strengthens the influence of learning media on students’ interest in learning. Keywords: audiovisual media, learning interest, learning motivation, Power Point.
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial > 330 Ekonomi 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Ekonomi IPS |
| Pengguna Deposit: | UPT . Desi Zulfi Melasari |
| Date Deposited: | 10 Nov 2025 04:32 |
| Terakhir diubah: | 10 Nov 2025 04:32 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92917 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
