SISTEM PENILAIAN BERBASIS OBE (OUTCOME BASED EDUCATION) MODUL PEMETAAN NILAI KE CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN DAN CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH

NAUFAL , HILAL (2025) SISTEM PENILAIAN BERBASIS OBE (OUTCOME BASED EDUCATION) MODUL PEMETAAN NILAI KE CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN DAN CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERISTAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Naufal Hilal.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] File PDF
FILE FULL - Naufal Hilal.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (9Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
FILE TANPA BAB PEMBAHASAN - Naufal Hilal.pdf

Download (7Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Dalam dunia pendidikan, semakin ditekankan pentingnya kesesuaian antara proses pembelajaran dan hasil yang diharapkan dari lulusan. Penilaian menjadi indikator utama untuk melihat keterkaitan tersebut. Di perguruan tinggi, sistem penilaian berperan vital dalam menilai pencapaian hasil belajar mahasiswa. Salah satu pendekatan yang relevan adalah Outcome-Based Education (OBE), yang fokus pada pengukuran pencapaian kompetensi lulusan melalui capaian pembelajaran mata kuliah (CPMK). Di Jurusan Ilmu Komputer Universitas Lampung, sistem penilaian berbasis OBE masih terbatas pada penggunaan transkrip nilai akhir tanpa pemetaan rinci terhadap komponen nilai mahasiswa. Dengan meningkatkan sistem penilaian yang mempertimbangkan komposisi nilai secara lebih terstruktur, diharapkan dapat memberikan informasi yang lebih menyeluruh mengenai ketercapaian setiap hasil pembelajaran. Pengembangan aplikasi ini dilakukan menggunakan metode Rapid Application Development (RAD), yang menekankan pada proses pembuatan prototipe secara cepat dan fleksibel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi berhasil dikembangkan untuk mendukung pemetaan nilai terhadap capaian pembelajaran lulusan dan mata kuliah. Keberhasilan ini dibuktikan melalui pengujian dengan metode Black Box Testing, yang menunjukkan bahwa seluruh fungsi sistem berjalan sebagaimana mestinya. Kata Kunci : Outcome-Based Education; Rapid Application Development; Capaian Pembelajaran; Sistem Penilaian. In the field of education, there is an increasing emphasis on aligning the learning process with the expected outcomes of graduates. Assessment serves as the primary indicator to measure this alignment. In higher education, the assessment system plays a crucial role in evaluating student learning outcomes. One relevant approach is Outcome-Based Education (OBE), which focuses on measuring the achievement of graduate competencies through Course Learning Outcomes (CLOs). At the Computer Science Department of the University of Lampung, the implementation of an OBE-based assessment system is still limited to final grade transcripts without a detailed breakdown of student performance components. Enhancing the assessment process by analyzing the composition of student grade can provide a more comprehensive view of learning outcome achievement. This application was developed using the Rapid Application Development (RAD) method, which emphasizes fast and flexible prototyping. The research resulted in a successfully developed assessment system module that supports the mapping of student scores to both course and program learning outcomes. The system's effectiveness was confirmed through Black Box Testing, which demonstrated that all system functions performed correctly. Keywords : Outcome-Based Education; Rapid Application Development; Learning Outcome; Assessment System.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
Program Studi: FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (FMIPA) > Prodi S1 Ilmu Komputer
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 10 Nov 2025 08:08
Terakhir diubah: 10 Nov 2025 08:08
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92932

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir