Andhea , Febiola (2025) EFEKTIVITAS MODEL FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN VISUALISASI 3D PADA MATERI ALKOHOL DAN ETER UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
Abstrak Andhea Febiola - 21_andhea Febiola.pdf Download (334Kb) | Preview |
|
|
File PDF
File Skripsi Tanpa LAmpiran Lampiran Andhea - 21_andhea Febiola.pdf Restricted to Hanya staf Download (2871Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
File FULL Tanpa Bab 4 Andhea - 21_andhea Febiola.pdf Download (2306Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model flipped classroom berbantuan visualisasi 3D pada materi alkohol dan eter dalam meningkatkan keterampilan proses sains. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XII MIPA di SMA Negeri 12 Bandar Lampung tahun ajaran 2024/2025 yang terdiri dari tiga kelas dan berjumlah 107 siswa. Sampel dipilih mengguna- kan teknik purposive sampling, yaitu kelas XII MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XII MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diterapkan model flipped classroom berbantuan visualisasi 3D dan kelas kontrol diterapkan pem- belajaran konvensional. Penelitian ini merupakan quasi experimental dengan pre- test-posttest control grup design. Instrumen yang digunakan berupa instrumen pretes dan postes keterampilan proses sains dan lembar aktivitas siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji perbedaan dua rata-rata dengan uji Inde- pendent Samples t-test. Analisis data menunjukkan bahwa rata-rata n-gain keterampilan proses sains siswa pada kelas eksperimen sebesar 0,81 yang ber- kriteria tinggi dari pada kelas kontrol. Hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa model flipped classroom berbantuan visualisasi 3D pada materi alkohol dan eter efektif untuk meningkatkan keterampilan proses sains. Kata Kunci: alkohol dan eter, flipped classroom, keterampilan proses sains This study aimed to describe the effectiveness of the flipped classroom model assisted by 3D visualization on alcohol and ether topic in improving science process skills. The study population was all students of class XII MIPA at SMA Negeri 12 Bandar Lampung in the 2024/2025 academic year consisting of three classes and a total of 107 students. The sample was selected using a purposive sampling technique, namely class XII MIPA 1 as the experimental class and XII MIPA 2 as the control class. In the experimental class, the flipped classroom model assisted by 3D visualization was applied and the control class was applied with conventional learning. This study is a quasi-experimental with a pretest- posttest control group design. The instruments used were pretest and posttest instruments for science process skills and student activities sheets. The data analysis technique used was the two-mean difference test with the Independent Samples t-test. Data analysis showed that the average n-gain of students science process skills in the experimental class was 0.81 which was higher than the control class. The results of the hypothesis testing show that the flipped classroom model assisted by 3D visualization on alcohol and ether material is effective in improving science process skills. Keywords: alcohol and ether, flipped classroom, science process skills
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Kimia |
| Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
| Date Deposited: | 11 Nov 2025 07:35 |
| Terakhir diubah: | 11 Nov 2025 07:35 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92988 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
