Dinda, Aulia (2025) EFEKTIVITAS MODEL FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN VISUALISASI 3D PADA MATERI ALKOHOL DAN ETER UNTUK MENINGKATKAN LITERASI VISUAL. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK - Dinda Aulia.pdf Download (269Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SKRIPSI FULL - Dinda Aulia.pdf Restricted to Hanya staf Download (2056Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Dinda Aulia.pdf Download (1668Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model flipped classroom berbantuan visualisasi 3D pada materi alkohol dan eter untuk me- ningkatkan literasi visual. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII Minat di SMA Negeri 10 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2024/2025 yang terdiri dari tiga kelas dan berjumlah 108 siswa. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yaitu kelas XII Minat 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XII Minat 3 sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diterapkan model flipped classroom berbantuan visualisasi 3D dan kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group design. Instrumen yang digunakan berupa pretes dan postes literasi visual serta lembar observasi aktivitas siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji perbedaan dua rata-rata dengan uji Independent Samples t-test. Hasil menunjukan bahwa rata-rata n-gain literasi visual siswa pada kelas eksperimen sebesar 0,80 yang berkriteria tinggi daripada kelas kontrol. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa model flipped classroom berbantuan visualisasi 3D pada materi alkohol dan eter efektif untuk meningkatkan literasi visual. Kata Kunci: alkohol dan eter, flipped classroom, literasi visual This study aimed to describe the effectiveness of the flipped classroom model assisted by 3D visualization in alcohol and ether topic to improve visual literacy. The population was all Grade XII students at SMA Negeri 10 Bandar Lampung in the 2024/2025 academic year, consisting of three classes and a total of 108 students. The sampling technique used in this study was purposive sampling, with Grade XII Minat 1 as the experimental class and Grade XII Minat 3 as the control class. The flipped classroom model assisted by 3D visualization was applied in the experimental class, while conventional learning was applied in the control class. This study used a pretest-posttest control group design. The instruments used were pretest and posttest visual literacy tests and student activities observation sheets. The data analysis technique used was the Independent Samples t-test to test the difference between two means. The results show that the average n-gain in visual literacy among students in the experimental class was 0.80, which is higher than that of the control class. Based on this, it can be concluded that the flipped classroom model assisted by 3D visualization in alcohol and ether material is effective in improving visual literacy. Keywords: alcohol and ether, flipped classroom, visual literacy
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Kimia |
| Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
| Date Deposited: | 11 Nov 2025 07:42 |
| Terakhir diubah: | 11 Nov 2025 07:42 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92991 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
