Fitra Melisa, - (2025) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROJECT PENGOLAHAN LIMBAH SERBUK KAYU PADA MATERI ENERGI ALTERNATIF UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN SUSTAINABILITY LITERACY. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK - FITRA MELISA.pdf Download (291Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. SKRIPSI FULL - FITRA MELISA.pdf Restricted to Hanya staf Download (2433Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - FITRA MELISA.pdf Download (1613Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis project yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan sustainability literacy pada materi energi alternatif. Jenis penelitian pengembangan ini adalah 4D (Define, Design, Development, and Dissemination) dengan menggunakan penilaian terhadap uji validitas, uji kepraktisan yang terdiri dari uji keterbacaan, uji persepsi guru, dan uji respon peserta didik, uji keefektifan dilihat dari hasil ketercapaian indikator keterampilan berpikir kreatif dan sustainability literacy. Pada hasil uji validitas didapatkan rata-rata nilai dari ketiga validator sebesar 3,10, dengan rata-rata validasi media dan konstruk diperoleh hasil sebesar 3,07 dengan kategori sangat valid dan validasi materi materi dan konstruk sebesar 3,13 dengan kategori valid. Hasil uji kepraktisan diperoleh dari skor rata rata uji keterbacaan sebesar 89% dengan kategori sangat praktis, uji respon peserta didik sebesar 89% dengan kategori sangat baik, dan uji persepsi guru sebesar 86%. Sehingga rerata skor uji kepraktisan tersebut sebesar 88% dengan kategori sangat praktis. Uji keefektifan dapat dilihat pada uji efektifitas, dengan demikian telah dihasilkan LKPD berbasis project untuk melatihkan keterampilan berpikir kreatif dan sustainability literacy yang valid, praktis dan efektif yang dilihat berdasarkan hasil rerata persentase ketercapaian sebesar 85% dari peserta didik dari yang dianalisis, sehingga LKPD ini mampu mendukung pengembangan keterampilan berpikir kreatif dan sustainability literacy secara optimal. Kata Kunci: Keterampilan Berpikir Kreatif, LKPD, Project Based Learning Sustainability Literacy. This study aims to develop valid, practical, and effective project-based worksheet to improve creative thinking skills and sustainability literacy in alternative energy materials. The type of this development research is 4D (Define, Design, Development, and Dissemination) using an assessment of the validity test, practicality test consisting of readability test, teacher perception test, and student response test, effectiveness test seen from the results of the achievement of indicators of creative thinking skills and sustainability literacy. The results of the validity test obtained an average value from the third validator of 3.10, with an average validation of media and constructs obtained a result of 3.07 with a very valid category and validation of materials and constructs of 3.13 with a valid category. The results of the practicality test were obtained from the average score of the readability test of 89% with a very practical category, the student response test of 89% with a very good category, and the teacher perception test of 86%. So that the average score of the practicality test is 88% with a very practical category. The effectiveness test can be seen in the effectiveness test, thus a project-based worksheet has been produced to train valid, practical and effective creative thinking skills and sustainability literacy as seen based on the average percentage of achievement of 85% of students from those analyzed, so that this worksheet is able to support the development of creative thinking skills and sustainability literacy optimally. Keywords: Creative Thinking Skills, Worksheet, Project Based Learning Sustainability Literacy.
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Fisika |
| Pengguna Deposit: | UPT . Ery Elyasari |
| Date Deposited: | 12 Nov 2025 04:10 |
| Terakhir diubah: | 12 Nov 2025 04:10 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93082 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
