PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN OBAK (OBSERVASI, BERPIKIR ANALISIS, DAN KOMUNIKASI) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI EKOSISTEM

NISA , NAJMI (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN OBAK (OBSERVASI, BERPIKIR ANALISIS, DAN KOMUNIKASI) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI EKOSISTEM. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK SKRIPSI NISA NAJMI - Nisa Najmi.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL NISA NAJMI - Nisa Najmi.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2922Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN NISA NAJMI - Nisa Najmi.pdf

Download (2071Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran OBAK terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik SMA Life Skills Kesuma Bangsa Natar pada materi ekosistem. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan desain pretest-posttest non equivalent control group. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 peserta didik yang terdiri dari kelas X2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X3 sebagai kelas kontroL. Data keterampilan berpikir kritis diperoleh dari nilai pretest-posttest yang dianalisis menggunakan uji independent sample t-test dan data tanggapan peserta didik terhadap pembelajaran menggunakan model OBAK dikumpulkan menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model OBAK terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik dengan nilai sig (2-tailed) 0,001 < 0,05 dan rata-rata N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 0,70 (kategori tinggi) sedangkan kelas kontrol memiliki nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,39 (kategori sedang). Berdasarkan perolehan hasil angket tanggapan peserta didik didapatkan nilai sebesar 91,25 % dengan kategori sangat baik. Dengan demikian penggunaan model OBAK berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik dan model tersebut dapat diterima dengan baik oleh peserta didik pada saat proses pembelajaran. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Ekosistem, Model OBAK. This study aims to determine the effect of the OBAK learning model on the critical thinking abilities of senior high school students in the Life Skills program at Kesuma Bangsa Natar regarding ecosystem material. The research employs a quasi-experimental design with a non-equivalent control group pretest-posttest format. The sample comprises 60 students, with class X2 serving as the experimental group and class X3 as the control group. Data on critical thinking skills were obtained from pretest and posttest scores, which were analyzed using an independent sample t-test. Additionally, data on students' responses to learning using the OBAK model were collected via a questionnaire. The results indicate a significant effect of the OBAK model on students' critical thinking skills, with a significance value (2-tailed) of 0.001 < 0.05 and an average N-Gain of 0.70 (high category) in the experimental class, while the control class had an average N-Gain of 0.39 (medium category). Based on questionnaire responses, students rated the OBAK model positively with a score of 91.25%, categorized as very good. Thus, the application of the OBAK model has a significant impact on students' critical thinking skills and is well received by students during the learning process. Keywords: Critical Thinking Ability, Ecosystem, OBAK Model.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 12 Nov 2025 04:51
Terakhir diubah: 12 Nov 2025 04:51
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93096

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir