Nadya , Risky Hayrunnisa (2025) PROBLEM-BASED LEARNING USING WORD WALL WEBSITE MEDIA TO IMPROVE STUDENTS’ WRITING ACHIEVEMENT AT SMP NEGERI 9 BANDAR LAMPUNG. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG .
|
File PDF
3. TESIS TANPA PEMBAHASAN - Nadya Risky Hayrunnisa.pdf Download (4078Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. TESIS FULL - Nadya Risky Hayrunnisa.pdf Restricted to Hanya staf Download (4Mb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
3. TESIS TANPA PEMBAHASAN - Nadya Risky Hayrunnisa.pdf Download (4078Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
This current research aims (1) to intently find out if there is a significant improvement in students’ writing achievement after the students are taught through Problem-Based Learning using WWW and (2) to find out which aspect of writing that has the highest improvement after the students were taught through the PBL using WWW. This is a quasi-experimental research design that conducted a quantitative method with 30 students as the samples. Firstly, the researcher administered the pre-test to get the prior knowledge of the students. Then, the students were given treatments with a new modified method, namely Problem- Based Learning using Word Wall Website. Lastly, they were administered a post- test to gain the result. The scores were calculated through Microsoft Excel 2010, and the data were statistically analyzed through paired samples t-test in SPSS version 22. The first finding (1) shows that there is a significant improvement in students’ writing achievement after the students are taught through Problem-Based Learning using Word Wall Website. The score of post-test (72.90) is higher than pre-test (56.40) with the gain of 16.50. The t-value is 35.169 at the significant level of 0.000, which is lower than 0.05. The second finding (2) reveals that the aspect of writing that is improved the highest after the students are taught through the PBL using WWW is vocabulary. The new modified method with interesting features of technology successfully makes the students broaden up their vocabulary. As a result, they are able to write a descriptive text. Then, it is suggested for teachers to apply this modified method at class, because this is a very good choice to boost students’ writing achievement. Lastly, to enrich the modification, it is suggested for further researchers to modify it with other technological media, such as videos and songs that can lead students to be joyful in learning English. Keywords: Problem-Based Learning, Word Wall Website, Descriptive text, Writing achievement, Technology Penelitian terkini ini bertujuan (1) untuk sungguh-sungguh mencari tahu apakah ada peningkatan yang signifikan dalam prestasi menulis siswa setelah siswa diajar melalui Pembelajaran Berbasis Masalah menggunakan WWW dan (2) untuk mengetahui aspek menulis mana yang memiliki peningkatan tertinggi setelah siswa diajar melalui PBL menggunakan WWW. Ini adalah desain penelitian kuasi-eksperimental yang melakukan metode kuantitatif dengan 30 siswa sebagai sampel. Pertama, peneliti memberikan tes awal untuk mendapatkan pengetahuan awal siswa. Kemudian, siswa diberikan perlakuan dengan metode baru yang dimodifikasi, yaitu Pembelajaran Berbasis Masalah menggunakan Situs Web Word Wall. Terakhir, mereka diberikan tes akhir untuk mendapatkan hasilnya. Skor dihitung melalui Microsoft Excel 2010, dan data dianalisis secara statistik melalui uji-t sampel berpasangan dalam SPSS versi 22. Temuan pertama (1) menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam prestasi menulis siswa setelah diajar melalui Pembelajaran Berbasis Masalah menggunakan Situs Web Word Wall. Skor post-test (72,90) lebih tinggi daripada skor pre-test (56,40) dengan peningkatan sebesar 16,50.T-nilai adalah 35,169 pada tingkat signifikansi 0,000, yang lebih rendah dari 0,05. Temuan kedua (2) mengungkapkan bahwa aspek menulis yang paling tinggi peningkatannya setelah siswa diajarkan melalui PBL menggunakan WWW adalah kosakata. Metode modifikasi baru dengan fitur-fitur teknologi yang menarik berhasil membuat siswa memperluas kosakata mereka. Hasilnya, mereka mampu menulis teks deskriptif. Kemudian, disarankan bagi guru untuk menerapkan metode modifikasi ini di kelas, karena ini adalah pilihan yang sangat baik untuk meningkatkan prestasi menulis siswa. Terakhir, untuk memperkaya modifikasi, disarankan bagi peneliti lebih lanjut untuk memodifikasinya dengan media teknologi lainnya, seperti video dan lagu yang dapat membuat siswa gembira dalam belajar bahasa Inggris. Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Masalah, Situs Web WordWall, Teks Deskriptif, Prestasi Menulis, Teknologi
| Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 400 Bahasa > 420 Bahasa Inggris dan Inggris kuno (Anglo-Saxon) |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S2 Magister Pendidikan Bahasa Inggris |
| Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
| Date Deposited: | 12 Nov 2025 06:32 |
| Terakhir diubah: | 12 Nov 2025 06:32 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93103 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
