UNSUR KEBUDAYAAN DALAM NOVEL SAGA DARI SAMUDRA KARYA RATIH KUMALA DAN IMPLIKASINYA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

Dindha , Rahmadhiani (2025) UNSUR KEBUDAYAAN DALAM NOVEL SAGA DARI SAMUDRA KARYA RATIH KUMALA DAN IMPLIKASINYA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK Dindha - Dindha Rahmadhiani.pdf

Download (273Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL - Dindha Rahmadhiani.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1024Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Dindha Rahmadhiani.pdf

Download (976Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini meneliti unsur kebudayaan dalam novel Saga dari Samudra karya Ratih Kumala dan implikasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan unsur kebudayaan berupa unsur bahasa dalam novel Saga dari Samudra karya Ratih Kumala serta implikasinya pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan antropologi sastra. Data penelitian ini berupa dialog, narasi dan kutipan-kutipan dalam novel yang mencerminkan unsur kebudayaan berupa bahasa. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Saga dari Samudra karya Ratih Kumala. Teknik analisis data meliputi membaca untuk memahami isi dan makna teks serta mencatat untuk mendeskripsikan unsur kebudayaan berupa unsur bahasa. Hasil dari penelitian ditemukan bahwa terdapat unsur kebudayaan yang ada dalam novel Saga dari Samudra karya Ratih Kumala terutama unsur bahasa yang muncul dalam bentuk sapaan kekerabatan dan sapaan nonkekerabatan. Unsur bahasa yang paling dominan muncul ialah sapaan kekerabatan, tokoh dalam novel menggunakan sapaan tersebut sebagai bentuk penghormatan, penanda kedekatan emosional, serta representasi struktur sosial yang hierarkis dalam budaya Jawa. Selain itu, terdapat sapaan nonkekerabatan untuk menyapa tokoh-tokoh yang memiliki jabatan atau posisi penting dalam struktur sosial dan keagamaan. Temuan ini kemudian diimplikasikan dalam modul ajar pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA kelas XII pada Kurikulum Merdeka, fase F dengan elemen menulis. Kata kunci: bahasa, kebudayaan, pembelajaran This study examines the cultural elements in the novel Saga dari Samudra by Ratih Kumala and its implications for Indonesian language learning in high school. This study aims to describe the cultural elements in the form of language elements in the novel Saga dari Samudra by Ratih Kumala and its implications for Indonesian language learning in high school. The research method used in this research is descriptive qualitative by using literary anthropology approach. The data of this research is in the form of dialog, narration and quotations in the novel that reflect cultural elements in the form of language. The data source in this research is the novel Saga dari Samudra by Ratih Kumala. Data analysis techniques include reading to understand the content and meaning of the text and taking notes to describe cultural elements in the form of language elements. The result of the research found that there are cultural elements in the novel Saga dari Samudra by Ratih Kumala, especially language elements that appear in the form of kinship greetings and non-kinship greetings. The most dominant language element that appears is kinship greetings, the characters in the novel use these greetings as a form of respect, a marker of emotional closeness, and a representation of the hierarchical social structure in Javanese culture. In addition, there are non-kinship greetings to address figures who have important positions or positions in social and religious structures. These findings are then implied in the teaching module for learning Indonesian in SMA class XII in the Merdeka Curriculum, phase F with the writing element. Keywords: language, culture, learning

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
400 Bahasa
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 12 Nov 2025 08:09
Terakhir diubah: 12 Nov 2025 08:09
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93132

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir