DHEONARDO, PUTRA PERDANA (2025) PENGEMBANGAN e-LKPD ARGUMENTATIF PENGOLAHAN LIMBAH IKAN DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP KELAS VII. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK Tesis Dheonardo Putra Perdana - Dheonardo Putra.pdf Download (155Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Thesis Dheonardo Putra Perdana tanpa lampiran - Dheonardo Putra.pdf Restricted to Hanya staf Download (5Mb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
Thesis Dheonardo Putra Perdana tanpa pembahasan revisi - Dheonardo Putra.pdf Download (2894Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-LKPD argumentatif pengolahan limbah ikan dengan model PjBL untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMP kelas VII yang praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan R&D yang mengacu pada model pengembangan 4D (Define, Design, Development, Disseminate) yang disarankan oleh Thiagarajan. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMPN 17 Bandar Lampung. Teknik pengambilan sampel pada penlitian ini menggunakan Teknik purposive sampling sehingga didapatkan kelas VII.5 dengan 30 siswa sebagai subjek uji coba produk. Instrumen pengambilan data yang digunakan pada penelitian ini meliputi angket analisis kebutuhan pendidik dan siswa, angket validasi e-LKPD oleh ahli, angket tanggapan pendidik dan siswa, serta soal pretest-postest keterampilan berpikir kritis. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji paired sample t-test yang dianalisis menggunakan software SPSS versi 25.0. berdasarkan hasil tanggapan siswa terhadap e-LKPD pada indikator kemenarikan, kebermanfaatan, dan keterbacaan didapatkan rata-rata persentase sebesar 78,1% artinya e-LKPD argumentatif yang dikembangkan praktis. Hasil uji statistik didapatkan nilai sig. 2 tailed sebesar 0,000 yang berati terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata nilai pretest dan postest keterampilan berpikir kritis siswa setelah menggunakan e- LKPD argumentatif. Hal ini didukung dengan nilai rata-rata N-gain siswa sebesar 0,55 dengan kategori “sedang” dan hasil uji effect size dengan skor 1,18 berkriteria “besar”. Kata Kunci : e-LKPD, argumentatif, PjBL, keterampilan berpikir kritis This study aims to develop argumentative e-worksheets on fish waste processing with the PjBL model to improve critical thinking skills of junior high school students in grade VII that are practical and effective. This study is an R&D that refers to the 4D development model (Define, Design, Development, Disseminate) suggested by Thiagarajan. The population in this study were all grade VII students at SMPN 17 Bandar Lampung. The sampling technique in this study used the purposive sampling technique so that class VII.5 with 30 students were obtained as product trial subjects. The data collection instruments used in this study included a questionnaire on the analysis of educator and student needs, an e-worksheets validation questionnaire by experts, a questionnaire on educator and student responses, and pretest-posttest questions on critical thinking skills. The data analysis technique in this study used the paired sample t-test which was analyzed using SPSS software version 25.0. based on the results of students’ responses to e- LKPD on the indicators of attractiveness, usefulness, and readability, an average percentage of 78.1% was obtained, meaning that the argumentative e-worksheets developed was practical. The results of the statistical test obtained a sig. 2-tailed value of 0.000, which means that there is a significant difference between the average pretest and posttest scores of students’ critical thinking skills after using argumentative e-LKPD. This is supported by the average N-gain value of students of 0.55 with the “moderate” category and the results of the effect size test with a score of 1.18 with the “large” criteria. Keywords: e-worksheet, argumentative, PjBL, critical thinking skills
| Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S2 Magister Keguruan IPA |
| Pengguna Deposit: | UPT . Desi Zulfi Melasari |
| Date Deposited: | 12 Nov 2025 08:38 |
| Terakhir diubah: | 12 Nov 2025 08:38 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93143 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
