STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN LEARNING TOGRTHER DENGAN MEMPERHATIKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII IPS SMP NEGERI 5 BANDAR LAMPUNG

JIHAN , DHIYA TSURAYA (2025) STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN LEARNING TOGRTHER DENGAN MEMPERHATIKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII IPS SMP NEGERI 5 BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
abstrak - 21_Jihan Tsuraya.pdf

Download (3412Kb) | Preview
[img] File PDF
Skripsi Full tanpa lampiran - 21_Jihan Tsuraya.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1866Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Skirpsi full tanpa pembahasan dan lampiran - 21_Jihan Tsuraya.pdf

Download (1635Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya hasil belajar dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan hasil belajar IPS siswa kelas VII di SMP Negeri 5 Bandar Lampung dengan menggunakan dua model pembelajaran kooperatif, yaitu Student Team Achievement Division (STAD) dan Learning Together (LT), serta memperhatikan tingkat motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen faktorial 2x2. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang dipilih secara acak, yakni satu kelas sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model STAD dan satu kelas kontrol yang menggunakan model LT. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dan angket motivasi belajar. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan dalam hasil belajar IPS antara siswa yang diajar dengan model STAD dan model LT. Selain itu, ditemukan pula perbedaan hasil belajar berdasarkan tingkat motivasi belajar siswa (tinggi dan rendah). Interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar juga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Temuan ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran yang tepat dengan mempertimbangkan motivasi belajar siswa dapat meningkatkan hasil belajar IPS. Kata Kunci: Hasil Belajar, IPS, Learning Together, Motivasi Belajar, STAD. ABSTRACT This study was motivated by the low learning outcomes and students motivation. This study aims to compare the social studies learning outcomes of grade VII students at SMP Negeri 5 Bandar Lampung using two cooperative learning models, namely Student Team Achievement Division (STAD) and Learning Together (LT), and paying attention to the level of student learning motivation. This study uses a quantitative approach with a 2x2 factorial experimental design. The research sample consisted of two randomly selected classes, namely one class as an experimental class using the STAD model and one control class using the LT model. The instruments used in this study were learning outcome tests and learning motivation questionnaires. The results of the data analysis showed that there were significant differences in social studies learning outcomes between students taught with the STAD model and the LT model. In addition, differences in learning outcomes were also found based on the level of student learning motivation (high and low). The interaction between learning models and learning motivation also affects student learning outcomes. These findings indicate that the application of the right learning model by considering student learning motivation can improve social studies learning outcomes. Keywords: Learning Motivation, Learning Outcomes, Learning Together, Social Studies, STAD.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 330 Ekonomi
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 13 Nov 2025 01:20
Terakhir diubah: 13 Nov 2025 01:20
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93153

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir