NURUL , MAGHFIROH (2025) EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN VISUALISASI 3D PADA MATERI TEORI VSEPR DAN DOMAIN ELEKTRON UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
Abstrak Nurul Maghfiroh - Nurul Maghfiroh.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Skripsi_Nurul Maghfiroh - Nurul Maghfiroh.pdf Restricted to Hanya staf Download (3216Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
Skripsi_Nurul Maghfiroh_Tanpa bab pembahasan (1) - Nurul Maghfiroh.pdf Download (2005Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model discovery learning berbantuan visualisasi 3D pada materi teori VSEPR dan domain elektron untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Metode yang di- gunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian the matching only pretest-posttest kontrol group design. Populasi dalam pe- nelitian ini adalah seluruh peserta didik di kelas XI SMA Negeri 2 Metro tahun ajaran 2024/2025. Sampel penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling, sehingga diperoleh kelas XI 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI 5 sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran discovery berbantuan visualisasi 3D, sedangkan kelas kontrol diterapkan model pembelajaran discovery tanpa menggunakan visualisasi 3D. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-gain siswa pada kelas eksperimen sebesar 0,70 yang berkategori tinggi. Hasil uji-t menunjukkan perbedaan yang signifikan antara rata-rata n-gain kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa discovery learning berbantuan visualisasi 3D pada materi teori VSEPR dan domain elektron efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Kata kunci : discovery learning; visualisasi 3D; teori VSEPR dan domain elektron; keterampilan berpikir tingkat tinggi ABSTRACT This study aims to describe the effectiveness of discovery learning based on 3D visualization for VSEPR theory and electron domain in improving higher order thinking skills. The method used in this study is a quasi-experimental method with a The Matching Only Pretest-Posttest Kontrol Group Design. The population of this study consisted of all 11th-grade students at SMA Negeri 2 Metro in the 2024/2025 academic year. The research sample was selected using a purposive sampling technique, resulting in class XI-2 as the experimental group and class XI-5 as the kontrol group. The experimental class was taught using discovery learning based on 3D visualization, while the kontrol class was taught using discovery learning without 3D visualization. The results showed that the average n-gain score of students in the experimental class was 0.70, categorized as high. Independent sample t-test indicated a sig- nificant difference in the average n-gain score between the experimental and kontrol classes. Based on these, it can be concluded that discovery learning based on 3D visualization is effective in improving students' higher order thinking skills on the topic of VSEPR theory and electron domain. Keywords: discovery learning; 3D visualization; VSEPR theory and electron domain; higher order thinking skills
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Kimia |
| Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
| Date Deposited: | 13 Nov 2025 01:52 |
| Terakhir diubah: | 13 Nov 2025 01:52 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93171 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
