PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 33 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2024/2025)

Ema, Diah Aulia (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 33 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2024/2025). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK SKRIPSI EMA - Ema Diah Aulia.pdf

Download (58Kb) | Preview
[img] File PDF
Digilib full BAB 1-5 EMA DIAH AULIA - Ema Diah Aulia.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1093Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Digilib TANPA BAB PEMBAHASAN SKRIPSI EMA - Ema Diah Aulia.pdf

Download (1049Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan literasi matematis siswa. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 33 Bandar Lampung yang berjumlah 160 siswa yang terdistribusi ke dalam lima kelas yaitu VIII A sampai VIII E. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII C sebanyak 32 siswa dan VIII E sebanyak 32 siswa yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design dengan kelas VIII E sebagai kelas eksperimen dan VIII C sebagai kelas kontrol. Data pada penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh melalui tes kemampuan literasi matematis. Berdasarkan hasil uji-t diperoleh bahwa peningkatan kemampuan literasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model inkuiri terbimbing lebih tinggi dibandingkan peningkatan kemampuan literasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, dengan persentase pencapaian indikator merumuskan situasi nyata secara sistematis sebesar 78%, menggunakan konsep, fakta prosedur, dan penalaran matematika sebesar 75%, dan menafsirkan, menerapkan, serta mengevaluasi hasil matematis sebesar 56%. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap kemampuan literasi matematis siswa. Kata Kunci: inkuiri terbimbing, literasi matematis, pengaruh This study aims to determine the effect of guided inquiry learning model on students' mathematical literacy ability. The population of this study were all VIII grade students of SMP Negeri 33 Bandar Lampung totaling 160 students distributed into five classes, namely VIII A to VIII E. The samples of this study were VIII E class of 32 students and VIII C class of 32 students selected by cluster random sampling. The research design used was pretest-posttest control group design with VIII E as the experimental class and VIII C as the control class. The data in this study is quantitative data obtained through mathematical literacy ability test. Based on the t-test results, it was found that the increase in mathematical reflective thinking ability of students who participated in learning with the guided inquiry model was higher than the increase in mathematical literacy ability of students who participated in conventional learning, with thpercentage of achievement of systematically formulating real-world situations indicators by 78%, using mathematical concepts, facts, procedures, and reasoning by 75%, and interpreting, applying, and evaluating mathematical results by 56%. Thus, it can be concluded that the guided inquiry learning model has an effect on students' mathematical literacy ability. Keywords: guided inquiry, influence, mathematical literacy

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 13 Nov 2025 02:07
Terakhir diubah: 13 Nov 2025 02:07
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93178

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir