EFEKTIVITAS PjBL-STEM PEMBUATAN BIOGAS DARI KOTORAN SAPI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMA

Kartika , Tiara Putri (2025) EFEKTIVITAS PjBL-STEM PEMBUATAN BIOGAS DARI KOTORAN SAPI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
Abstrak Skripsi Kartika Tiara Putri - KARTIKA TIARA PUTRI.pdf

Download (4Mb) | Preview
[img] File PDF
Skripsi Kartika Tiara Putri Full tanpa Lampiran Digilib - KARTIKA TIARA PUTRI.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Skripsi Kartika Tiara Putri Full tanpa Pembahasan dan Lampiran - KARTIKA TIARA PUTRI.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas PjBL-STEM pembuat- an biogas dari kotoran sapi dalam meningkatkan keterampilan pemecahan masa- lah siswa SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah Weak Experimental dengan One Group Pretest-Postest Design. Instrumen yabg digunakan pada pene- litian ini adalah lembar pretes-postes keterampilan pemecahan masalah, LKPD, lembar kinerja produk, angket respon siswa terhadap pembelajaran PjBL-STEM, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran PjBL-STEM. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di kelas XI SMA Negeri 13 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2024/2025 yang berjumlah 142 siswa. Pengambilan sampel dilaku- kan dengan teknik purposive sampling, diperoleh kelas XI.F4 sebagai kelas ekspe- rimen. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata postes lebih besar daripada skor rata-rata pretes siswa dan n-gain rata-rata keterampilan pemecahan masalah sis- wa sebesar 0,52 yang berkriteria sedang. Persentase rata-rata respon siswa terha- dap pembelajaran PjBL-STEM sebesar 86,42% yang berkriteria sangat baik. Per- sentase rata-rata keterlaksanaan pembelajaran PjBL-STEM sebesar 75,25% yang berkriteria tinggi. Produk yang dihasilkan pada PjBL-STEM pembuatan biogas dari kotoran sapi adalah biogas dengan skor rata-rata seluruh kelompok sebesar 6,91 dari skor maksimal 8. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa mo- del pembelajaran PjBL-STEM pembuatan biogas dari kotoran sapi efektif dalam meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa SMA. Kata Kunci : Keterampilan pemecahan masalah, PjBL-STEM, biogas, kotoran sapi This study aims to describe the effectiveness of PjBL-STEM biogas production from cow dung in improving problem-solving skills of high school students. The research method used is Weak Experimental with One Group Pretest-Postest Design. The instruments used in this study were pretest-posttest problem-solving skills sheets, LKPD, product performance sheets, student response questionnaires on PjBL-STEM learning, and observation sheets for the implementation of PjBL- STEM learning. The population in this study were all students in class XI of SMA Negeri 13 Bandar Lampung in the 2024/2025 Academic Year, totaling 142 students. Sampling was carried out using purposive sampling technique, obtaining class XI.F4 as the experimental class. The data analysis technique used was quantitative data analysis. The results showed that the average posttest score was greater than the average pretest score of students and the average n-gain of students' problem- solving skills was 0,52 which was in the moderate criteria. The average percentage of student responses to PjBL-STEM learning was 86,42% which was very good. The average percentage of PjBL-STEM learning implementation was 75,25% which was high. The product produced in PjBL-STEM making biogas from cow dung was biogas with an average score of all groups of 6,91 out of a maximum score of 8. Based on the results of the study, it was concluded that the PjBL-STEM learning model of making biogas from cow dung was effective in improving the problem-solving skills of high school students. Keywords: Problem solving skills, PjBL-STEM, biogas, cow dung

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 13 Nov 2025 02:56
Terakhir diubah: 13 Nov 2025 02:56
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93198

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir