PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 20 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2024/2025)

Rahma , Diana Lutfi (2025) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 20 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2024/2025). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
Abstrak - Rahma Dianalutfi.pdf

Download (96Kb) | Preview
[img] File PDF
Skripsi Full - Rahma Dianalutfi.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1259Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Skripsi Tanpa Pembahasan - Rahma Dianalutfi.pdf

Download (1439Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning berbasis etnomatematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Bandar Lampung sebanyak 308 siswa yang terdistribusi kedalam sepuluh kelas yaitu VIII-1 sampai VIII- 10. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII-3 sebanyak 30 siswa dan kelas VIII-6 sebanyak 33 yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest posttest control group design dengan kelas VIII-3 sebagai kelas kontrol dan VIII-6 sebagai kelas eksperimen. Data pada penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Berdasarkan hasil uji-t diperoleh bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa yang mengikuti pembelajaran discovery learning berbasis etnomatematika lebih tinggi dibandingkan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mengikuti pembelajaran model discovery learning, sehingga dapat disimpulkan bahwa model discovery learning berbasis etnomatematika berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kata kunci: discovery learning, etnomatematika, pemecahan masalah, pengaruh. This study aims to determine the effect of model discovery learning based ethnomathematics on students' mathematical problem-solving abilities. The population of this study were all 308 students of class VIII of SMP Negeri 20 Bandar Lampung who were distributed into ten classes, namely VIII-1 to VIII-10. The sample of this study was 30 students from class VIII-3 and 33 students from class VIII-6 who were selected using cluster random sampling technique. The research design used was prretest posttest control group design with class VIII-3 as the control class and VIII-6 as the experimental class. The data in this study were quantitative data obtained through a mathematical problem-solving ability test. Based on the results of the t-test, it was found that the increase in problem- solving abilities of students who participated in discovery learning based ethnomathematics learning was higher than the increase in mathematical problem-solving abilities of students who participated in the discovery learning model, so it can be concluded that the model discovery learning based ethnomathematics has an effect on students' mathematical problem-solving abilities. Keywords: discovery learning, ethnomathematics, effect, mathematical problem- solving abilities

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 13 Nov 2025 04:36
Terakhir diubah: 13 Nov 2025 04:36
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93221

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir