PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN, PERSEPSI KEGUNAAN TEKNOLOGI, DAN PENGARUH SOSIAL MEDIA TERHADAP SIKAP DAN NIAT PEMBELIAN PADA APLIKASI E-COMMERCE SHOPEE DI KALANGAN GENERASI Z

Gita Audria, Salsabila (2025) PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN, PERSEPSI KEGUNAAN TEKNOLOGI, DAN PENGARUH SOSIAL MEDIA TERHADAP SIKAP DAN NIAT PEMBELIAN PADA APLIKASI E-COMMERCE SHOPEE DI KALANGAN GENERASI Z. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Gita Audira.pdf

Download (127Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL - Gita Audira.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3734Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN - Gita Audira.pdf

Download (3576Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Indonesia merupakan salah satu negara dengan pengguna internet terbanyak di dunia. Tingkat kontribusi pengguna internet di Indonesia paling banyak dipegang oleh Generasi Z yaitu generasi yang lahir di antara tahun 1997 hingga 2012. Di Indonesia, internet umumnya digunakan untuk melakukan transaksi online. Transaksi online yang biasa dilakukan masyarakat adalah belanja online. Belanja online dapat dilakukan dengan berbagai platform salah satunya melalui platform E-commerce. Salah satu E-commerce yang populer di Indonesia adalah Shopee. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji faktor-faktor yang mempengaruhi sikap terhadap penggunaan dan niat pembelian pada aplikasi E- commerce Shopee di kalangan Generasi Z dengan menggunakan teori Technology Acceptance Model (TAM) yaitu persepsi kemudahan dan persepsi kegunaan yang digabungkan dengan variabel tambahan yaitu pengaruh sosial media untuk memperkuat kerangka penjelasan penelitian ini. Data pada penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner yang dibagikan kepada 298 responden dan dianalisis dengan menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) yang dibantu dengan aplikasi AMOS. Temuan pada penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi kemudahan dan persepsi kegunaan berpengaruh signifikan terhadap sikap terhadap penggunaan namun tidak berpengaruh terhadap niat pembelian. Sebaliknya, pengaruh sosial media berpengaruh signifikan terhadap sikap terhadap penggunaan dan niat pembelian. Selain itu, sikap terhadap penggunaan berpengaruh signifikan terhadap niat pembelian. Kata kunci: Persepsi Kemudahan, Persepsi Kegunaan, Pengaruh Sosial Media, Sikap terhadap Penggunaan, Niat Pembelian, E-commerce, Generasi Z Indonesia ranks among the countries with the highest number of internet users globally. A significant portion of this user base is dominated by Generation Z, defined as individuals born between 1997 and 2012. In Indonesia, the internet is commonly utilized for conducting online transactions, particularly in the realm of online shopping. These transactions are typically facilitated through various e- commerce platforms, one of the most prominent being Shopee. This study aims to examine the factors influencing attitude toward using and purchase intentions toward the Shopee e-commerce application among Generation Z consumers, utilizing the Technology Acceptance Model (TAM). The TAM constructs— perceived ease of use and perceived usefulness—are integrated with an additional variable, namely social media influence, to enhance the explanatory framework. Data were collected through questionnaires distributed to 298 respondents and analyzed using Structural Equation Modeling (SEM) with the assistance of AMOS software. The findings reveal that both perceived ease of use and perceived usefulness significantly influence attitude toward using, yet they do not directly affect purchase intentions. In contrast, social media influence exerts a significant effect on both attitude toward using and purchase intentions. Furthermore, attitude toward using are found to significantly influence purchase intentions. Keywords: Perceived Ease of Use, Perceived Usefulness, Social Media Influence, Attitude toward Using, Purchase Intention, E-commerce, Generation Z

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 330 Ekonomi
Program Studi: FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS (FEB) > Prodi S2-Magister Manajemen
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 13 Nov 2025 06:47
Terakhir diubah: 13 Nov 2025 06:47
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93227

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir