PENGARUH MARKET TIMING TERHADAP STRUKTUR MODAL PADA PERUSAHAAN NON-KEUANGAN YANG MELAKUKAN INITIAL PUBLIC OFFERING (IPO) DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2020-2021

Mar'atun , Sholeha (2025) PENGARUH MARKET TIMING TERHADAP STRUKTUR MODAL PADA PERUSAHAAN NON-KEUANGAN YANG MELAKUKAN INITIAL PUBLIC OFFERING (IPO) DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2020-2021. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS, UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Mar'atun Sholeha.pdf

Download (113Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL - Mar'atun Sholeha.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1562Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN - Mar'atun Sholeha.pdf

Download (1539Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Struktur modal merupakan keputusan strategis perusahaan dalam menentukan kombinasi pendanaan antara utang dan ekuitas. Dinamika pasar keuangan dapat mempengaruhi strategi perusahaan untuk memperoleh pendanaan guna tujuan ekspansi, operasional, ataupun restrukturisasi keuangan. Perusahaan memiliki fleksibilitas dalam menentukan kapan dan bagaimana memperoleh pendanaan dengan memperhatikan kondisi pasar atau yang relevan dikenal sebagai market timing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh market timing terhadap struktur modal dan untuk mengetahui pengaruh market timing jangka panjang secara persisten. Objek penelitian ini pada perusahaan non-keuangan yang melakukan IPO pada tahun 2020-2021 dengan populasi sebanyak 105 perusahaan dan menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria-kriteria tertentu sehingga diperoleh sampel sebanyak 65 perusahaan. Data yang digunakan merupakan data sekunder menggunakan alat analisis regresi linier berganda data panel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa market timing yang diukur dengan rasio market to book berpengaruh negatif signifikan terhadap struktur modal. Penelitian ini juga menunjukkan market timing yang diukur dengan rasio external finance weigted average market to book (EFWAMB) dalam jangka panjang tidak berpengaruh terhadap struktur modal. Perusahaan cenderung memanfaatkan momentum saat valuasi saham tinggi dengan melakukan penawaran perdana, sementara dalam jangka panjang perusahaan cenderung melakukan penyesuaian, sehingga dampak market timing tidak bertahan lama. Kata Kunci : Market timing, persistensi market timing, struktur modal, initial public offering, profitabilitas, size, asset tangibility. Capital structure is a strategic decision made by companies in determining the combination of debt and equity financing. Financial market dynamics can influence companies' strategies for obtaining financing for expansion, operations, or financial restructuring. Companies have the flexibility to determine when and how to obtain financing by considering market conditions, a practice known as market timing. This study aims to examine the impact of market timing on capital structure and to determine the persistent long-term effects of market timing. The research focuses on non-financial companies that conducted an initial public offering (IPO) in 2020-2021, with a population of 105 companies. A purposive sampling technique was employed, using specific criteria, resulting in a sample of 65 companies. The data used are secondary data analyzed using multiple linear regression with panel data. The results indicate that market timing, measured by the market-to-book ratio, has a significant negative impact on capital structure. The study also shows that market timing, does not have a persistent impact on capital structure in the long term. Companies tend to take advantage of momentum when stock valuations are high by conducting initial public offerings, while in the long term, companies tend to make adjustments, so the impact of market timing does not last long. Keywords: Market timing, persistence of market timing, capital structure, initial public offering, profitability, size, asset tangibility.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 330 Ekonomi
Program Studi: FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS (FEB) > Prodi S1-Manajemen
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 13 Nov 2025 07:03
Terakhir diubah: 13 Nov 2025 07:03
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93231

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir