ANGGI , ANITA PUTRI (2025) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS GREEN CHEMISTRY UNTUK MENINGKATKAN SIKAP TERHADAP GREEN CHEMISTRY DAN PENGUASAAN KOMPETENSI PEMBELAJARAN TERMOKIMIA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
Abstrak - Anggi Anita.pdf Download (240Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Skripsi Full - Anggi Anita.pdf Restricted to Hanya staf Download (1347Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
Skripsi Tanpa Pembahasan - Anggi Anita.pdf Download (1313Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis green chemistry untuk meningkatkan sikap terhadap green chemistry dan penguasaan kompetensi pembelajaran termokimia. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan desain pretest- posttest control grup design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Raman Utara Tahun Ajaran 2024/2025 yang ber- jumlah 147 peserta didik. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian yaitu kelas XI.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI.2 sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diterap- kan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis green chemistry dan kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian yang di- gunakan yaitu soal pretes dan postes, angket, lembar obeservasi aktivitas peserta didik, dan lembar keterlaksanaan pembelajaran. Teknik analisis data pada pe- nelitian ini menggunakan uji independent sample T-Test. Hasil penelitian me- nunjukkan bahwa rata-rata n-gain sikap terhadap green chemistry dan penguasaan kompetensi pembelajaran termokimia di kelas eksperimen berkriteria tinggi di- bandingkan dengan rata-rata n-gain sikap terhadap green chemistry dan penguasa- an kompetensi pembelajaran termokimia di kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis green chemistry efektif dalam meningkatkan sikap terhadap green chemistry dan penguasaan kompetensi pembelajaran termokimia. Kata Kunci: Inkuiri Terbimbing, Green Chemistry, Sikap Terhadap Green Cemistry, Penguasaan Kompetensi, Termokimia ABSTRACT This study aims to describe the effectiveness of the guided inquiry learning model based on green chemistry to improve attitudes towards green chemistry and mastery of thermochemistry learning competencies. The research method used is quasi-experimental with a pretest-posttest control group design. The population in this study were all students of class XI at SMA Negeri 1 Raman Utara in the 2024/2025 Academic Year, totaling 147 students. Sampling in this study used a purposive sampling technique. The research sample was class XI.1 as the experimental class and class XI.2 as the control class. In the experimental class, the guided inquiry learning model based on green chemistry was applied and the control class applied conventional learning. The research instruments used were pretest and posttest questions, questionnaires, student activity observation sheets, and learning implementation sheets. The data analysis technique in this study used the independent sample T-Test. The results of the study showed that the average n-gain of attitudes towards green chemistry and mastery of thermochemistry learning competencies in the experimental class had high criteria compared to the average n-gain of attitudes towards green chemistry and mastery of thermochemistry learning competencies in the control class. This shows that the guided inquiry learning model based on green chemistry is effective in improving attitudes towards green chemistry and mastery of thermochemistry learning competencies.. Keywords: Guided Inquiry, Green Chemistry, Attitude Towards Green Chemistry, Mastery of Competencies, Thermochemistry
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Kimia |
| Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
| Date Deposited: | 13 Nov 2025 08:11 |
| Terakhir diubah: | 13 Nov 2025 08:11 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93272 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
