PENGARUH KREDIBILITAS INFLUENCER TERHADAP NIAT BELI PRODUK KOSMETIK (Studi Pada Pengikut TikTok Influencer Tasya Farasya di Lampung)

Afifah , Azzahra (2025) PENGARUH KREDIBILITAS INFLUENCER TERHADAP NIAT BELI PRODUK KOSMETIK (Studi Pada Pengikut TikTok Influencer Tasya Farasya di Lampung). FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - afifah azzahra.pdf

Download (58Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL - afifah azzahra.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3791Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - afifah azzahra.pdf

Download (3616Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Perkembangan pesat media sosial telah mendorong praktik pemasaran digital yang mengandalkan figur publik sebagai opinion leader, yang dikenal sebagai influencer. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh kredibilitas influencer yang terdiri dari daya tarik, keahlian, dan kepercayaan terhadap niat beli produk kosmetik dengan studi pada pengikut TikTok influencer Tasya Farasya. Pengumpulan data dilakukan melalui metode survei kuesioner dari 180 responden menggunakan metode purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan regresi linier berganda, menggunakan uji t dan koefisien determinasi (R2 ) pada perangkat lunak SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya tarik influencer tidak berpengaruh signifikan terhadap niat beli produk kosmetik, sedangkan keahlian dan kepercayaan influencer berpengaruh signifikan. Temuan ini menegaskan bahwa kredibilitas influencer yang terbentuk melalui keahlian dan kepercayaan memiliki pengaruh yang lebih kuat terhadap niat beli konsumen daripada daya tarik visual semata. Penelitian ini memberikan kontribusi praktis bagi industri kecantikan dalam merancang strategi pemasaran digital melalui kolaborasi dengan influencer kompeten dan terpercaya serta selaras dengan target pasar merek. Temuan ini juga menyarankan agar influencer menjaga kredibilitas mereka melalui konten informatif yang relevan dengan karakteristik audiens agar mendukung keberhasilan pesan promosi dalam kolaborasi dengan merek. Kata Kunci: Pemasaran Influencer, Kredibilitas Influencer, Daya Tarik, Keahlian, Kepercayaan, Niat Beli The rapid growth of social media has encouraged the development of digital marketing practices that rely on public figures as opinion leaders, known as influencers. This study aims to examine the effect of influencer credibility measured by attractiveness, expertise, and trustworthiness on purchase intention for cosmetic products, with a case study on followers of TikTok influencer Tasya Farasya. Data were collected from 180 respondents through a questionnaire using purposive sampling. The analysis was conducted using multiple linear regression with t-tests and the coefficient of determination (R2) via SPSS software. The findings indicate that attractiveness has no significant effect on purchase intention, while both expertise and trustworthiness significantly influence it. These findings highlight that an influencer's credibility, as built through expertise and trustworthiness, exerts a stronger influence on consumer purchase intention than visual appeal alone. This study provides practical insights for the beauty industry in formulating effective digital marketing strategies by collaborating with skilled and trustworthy influencers aligned with their target market. The findings also suggest that influencers should maintain their credibility by delivering informative content that aligns with audience characteristics in order to support the effectiveness of promotional messages in brand collaborations Keywords: Influencer Marketing, Influencer Credibility, Attractiveness, Expertise, Trustworthiness, Purchase Intention

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 330 Ekonomi
300 Ilmu sosial > 330 Ekonomi > 338 Produksi
Program Studi: FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS (FEB) > Prodi S1-Manajemen
Pengguna Deposit: UPT . Siswanti
Date Deposited: 14 Nov 2025 01:58
Terakhir diubah: 14 Nov 2025 01:58
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93324

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir