PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS APLIKASI MOBILE UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN BEPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK

DAKA , HELDIAN (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS APLIKASI MOBILE UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN BEPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
DAKA HELDIAN_2113025002_ABSTRAK SKRIPSI - Daka Heldian.pdf

Download (191Kb) | Preview
[img] File PDF
DAKA HELDIAN_2113025020_SKRIPSI FULL (Tanpa lampiran isi) - Daka Heldian.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2652Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
DAKA HELDIAN_2113025020_SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Daka Heldian.pdf

Download (1448Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Penelitian pengembangan yang dilakukan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi mobile pada materi berpikir komputasional yang valid, praktis, dan efektif untuk melatihkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X SMA. Jenis penelitian pengembangan yang digunakan adalah R&D (research and development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Desain uji coba kecil untuk mengetahui tingkat kepraktisan produk dan uji coba kelompok besar unutuk melihat kefektifan produk. Desain pada uji coba kelompok besar dalam penelitian ini menggunakan penelitian One Sample Test. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan angket pengisian. Hasil penelitian pengembangan diperoleh bahwa aplikasi mobile yang dikembangkan telah teruji validitas, kepraktisan dan keefektifannya untuk melatihkan kemampuan berpikir kritis. Uji kevalidan melalui uji ahli materi memperoleh nilai sebesar 91,75% dan uji ahli media memperoleh nilai sebesar 90%, yang keduanya termasuk dalam kategori sangat valid. Uji kepraktisan melalui uji coba penggunaan terhadap peserta didik dalam kelompok kecil memperoleh penilaian sebesar 93% dan terhadap satu guru mata pelajaran informatika mendapatkan hasil 90% yang termasuk dalam kategori sangat praktis. Sementara uji keefektifan melalui Uji N-gain dan Uji Paired Sample T-test diperoleh hasil Uji N-gain score mendapat nilai rata-rata 0,66 yang termasuk kategori sedang. Pada uji Paired Sample T-test menghasilkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Berdasakan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Aplikasi Mobile layak digunakan dan efektif dalam melatihkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Kata Kunci : Media Pembelajaran Interaktif, Thunkable, Airtable, Aplikasi Mobile, Berpikir Kritis ABSTRACT The development of this research aims to develop interactive learning media based on mobile applications on computational thinking materials that are valid, practical, and effective to train critical thinking skills of grade X high school students. The type of development research used is R&D (research and development) using the ADDIE development model. Small trial design to determine the level of product practicality and large group trials to see the effectiveness of the product. The design of the large group trial in this study used One Sample Test research. The instruments in this study used observation, interviews, and questionnaires. The results of the development research obtained that the mobile application developed had been tested for validity, practicality and effectiveness to train critical thinking skills. The validity test through the material expert test obtained a value of 91.75% and the media expert test obtained a value of 90%, both of which were included in the very valid category. The practicality test through the trial of use on students in small groups obtained an assessment of 93% and an evaluation by one informatics teacher yielded a score of 90%, classified as very practical category. Meanwhile, the effectiveness test through the N-gain Test and the Paired Sample T-test obtained the results of the N-gain score test with an average value of 0.66 which is included in the moderate category. The Paired Sample T-test produced a Sig. (2-tailed) value of 0.000 <0.05. Based on these results, it can be concluded that the development of interactive learning media based on Mobile Applications is feasible to use and effective in training students' critical thinking skills. Keywords: Interactive Learning Media, Thunkable, Airtable, Mobile Application, Critical Thinking

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Teknologi Informasi
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 14 Nov 2025 02:14
Terakhir diubah: 14 Nov 2025 02:14
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93331

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir