AGHNESIA , RAHMY (2025) PENGEMBANGANE-LKPDBERBASIS PROBLEM BASEDLEARNING DENGAN MENGGUNAKAN WIZER.ME UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK AGHNESIA RAHMY - aghnesiarahmy13.pdf Download (288Kb) | Preview |
|
|
File PDF
TESIS FULL AGHNESIA RAHMY - aghnesiarahmy13.pdf Restricted to Hanya staf Download (4Mb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
TESIS TANPA PEMBAHASAN AGHNESIA RAHMY - aghnesiarahmy13.pdf Download (3779Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRACT Keywords: E-LKPD, Problem-Based Learning Mathematical Representation Skills This development research aims to produce E-LKPD based on Problem Based Learning using Wizer.me which is valid, practical, and effective in improving the ability of mathematical representation. This research uses the ADDI-E development model. The sample in this study were students of class XI.7 as the control class and XI.8 as the experimental class at SMA Negeri 1 Kotabumi in the 2024/2025 academic year. The research data were obtained through observation, interviews, questionnaires and the results of the mathematical representation ability test which were analyzed using the t-test and the N-Gain value. The results of the development of PBL-based E-LKPD were declared valid and practical. The results of the effectiveness test show that E-LKPD based on Problem Based Learning using Wizer.me can improve the ability of mathematical representation seen with the average N-Gain score of 0.596, as well as the results of student learning completeness as much as 70% of students get scores above KKM. Based on hypothesis testing with t -test it can be concluded that the use of E-LKPD based on Problem Based Learning is proven effective in improving students' mathematical representation ability ABSTRAK Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan E-LKPD berbasis Problem Based Learning dengan menggunakan Wizer.me yang valid dan praktis, serta untuk menguji keefektifannya dalam meningkatkan kemampuan representasi matematis. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDI-E. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XI.7 sebagai kelas kontrol dan XI.8 sebagai kelas eksperimen pada SMA Negeri 1 Kotabumi Tahun Pelajaran 2024/2025. Data penelitian diperoleh melalui Observasi, Wawancara, Angket, dan hasil tes kemampuan representasi matematis yang dianalisis menggunakan uji-tdan nilai N- Gain. Hasil pengembangan E-LKPD berbasis PBL dinyatakan valid dan praktis. Hasil uji efektivitas menunjukkan bahwa E-LKPD berbasis Problem Based Learning dengan menggunakan Wizer.me dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis terlihat dengan skor rata-rata N-Gain 0,596, serta hasil ketuntasan belajar siswa sebanyak 70% siswa mendapatkan nilai di atas KKM. Berdasarkan uji hipotesis dengan uji- t dapat disimpulkan bahwa penggunaan E- LKPD berbasis Problem Based Learning terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa. Kata kunci: E-LKPD, Problem Based Learning, Kemampuan Representasi Matematis
| Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S2 Magister Pendidikan Matematika |
| Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
| Date Deposited: | 14 Nov 2025 02:27 |
| Terakhir diubah: | 14 Nov 2025 02:27 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93338 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
