Dwi , Nurul Chofifah (2025) EFEKTIVITAS MODEL FLIPPED LEARNING BERBANTUAN VISUALISASI MOLEKUL 3D PADA MATERI BENTUK MOLEKUL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGOMUNIKASIKAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK_Dwi Nurul Chofiah_2013023031 - Dwi Nurul Chofifah.pdf Download (181Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Skripsi Full_Dwi Nurul Chofifah_2013023031_Tanpa Lampiran - Dwi Nurul Chofifah.pdf Restricted to Hanya staf Download (2689Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN_Dwi Nurul Chofifah_2013023031 - Dwi Nurul Chofifah.pdf Download (1868Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model flipped learning berbantuan visualisasi molekul 3D pada materi bentuk molekul untuk meningkat- kan keterampilan mengomunikasikan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Natar. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh kelas XI 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soal pretes dan postes yang terdiri dari 5 butir soal essay serta lembar observasi aktivitas peserta didik di dalam kelas. Data penelitian ini dianalisis menggunakan uji perbedaan dua rata- rata menggunakan Independent sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan rata- rata n-Gain keterampilan mengomunikasikan di kelas eksperimen sebesar 0,58 berkategori sedang dan di kelas kontrol 0,27 berkategori rendah, berbeda secara signifikan antara rata-rata n-Gain keterampilan mengomunikasikan di kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata n-Gain keterampilan me- ngomunikasikan di kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa model flipped learning berbantuan visualisasi molekul 3D pada materi bentuk molekul efektif dalam meningkatkan keterampilan mengomunikasikan peserta didik. Kata kunci : bentuk molekul, flipped learning, keterampilan mengomunikasikan, visualisasi molekul 3D ABSTRACT This study aims to describe the effectiveness of the flipped learning model assis- ted by 3D molecular visualization on molecular shape material to improve com- munication skills. The research method used was a quasi-experimental method with a pretest-posttest control group design. The population in this study were all students of class XI of SMA Negeri 1 Natar. The research sample was taken using a purposive sampling technique, and class XI 1 was obtained as the experimental class and class XI 2 as the control class. The research instruments used were pre- test and posttest questions consisting of 5 essay items and student activity obser- vation sheets in the classroom. The research data were analyzed using a two- mean difference test using an Independent sample T-test. The results showed that the average n-Gain of communication skills in the experimental class was 0.58, categorized as moderate, and in the control class, it was 0.27, categorized as low, with a significant difference between the average n-Gain of communication skills in the experimental class being higher than the average n-Gain of communication skills in the control class. This indicates that the flipped learning model assisted by 3D molecular visualization on molecular shape material is effective in impro- ving students' communication skills. Keywords: communication skills, 3D molecular visualization, molecular shape, flipped learning
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Kimia |
| Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
| Date Deposited: | 14 Nov 2025 06:56 |
| Terakhir diubah: | 14 Nov 2025 06:56 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93373 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
