VERDYAN , NUR AFRIYANTO (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN EKONOMI BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI EKONOMI KREATIF PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 9 BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK SKRIPSI VERDYAN - Verdyan Nur afriyanto.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SKRIPSI VERDYAN FULL (tanpa lampiran) - Verdyan Nur afriyanto.pdf Restricted to Hanya staf Download (5Mb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRIPSI VERDYAN FULL (Tanpa Bab Pembahasan) - Verdyan Nur afriyanto.pdf Download (2340Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul pembelajaran ekonomi berbasis Augmented reality untuk meningkatkan pemahaman materi ekonomi kreatif pada siswa kelas XI SMK Negeri 9 Bandar Lampung yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (RnD). Penelitian dan Pengembangan ini menggunakan desain ADDIE, analisis (analysis), perencanaan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation) dan tahap evaluasi (evaluate). Pengembangan e-modul dilakukan melalui proses validasi oleh ahli materi, media, dan bahasa untuk memastikan kelayakan produk. Uji coba lapangan melibatkan siswa kelas XI SMK Negeri 9 Bandar Lampung untuk menilai kepraktisan dan keefektifan e-modul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan dinilai sangat valid berdasarkan penilaian ahli, sangat praktis berdasarkan respon siswa, dan efektif dalam meningkatkan pemahaman materi ekonomi kreatif, yang dibuktikan melalui peningkatan signifikan hasil pre-test dan post-test. Dengan demikian, e-modul pembelajaran ekonomi berbasis Augmented reality ini layak digunakan sebagai media pembelajaran inovatif untuk mendukung pemahaman siswa dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Augmented Reality, E-Modul, Ekonomi Kreatif, Media Pembelajaran Interaktif, Pemahaman Siswa ABSTRACT This research aims to produce an augmented reality-based economics learning E-module to improve understanding of creative economy materials in grade XI students of SMK Negeri 9 Bandar Lampung that is valid, practical and effective. This research is a type of Research and Development (RnD) research. This research and development uses ADDIE design, analysis, design, development, implementation and evaluation stages. The development of e-modules is carried out through a validation process by material, media, and language experts to ensure the feasibility of the product. The field trial involved grade XI students of SMK Negeri 9 Bandar Lampung to assess the practicality and effectiveness of the e-module. The results of the study show that the e-modules developed are considered very valid based on expert assessments, very practical based on student responses, and effective in improving understanding of creative economy materials, which is evidenced by a significant increase in pre-test and post-test results. Thus, this Augmented Reality-based economics learning e-module is suitable for use as an innovative learning medium to support students' understanding in the learning process. Keywords: Augmented Reality, Creative Economy, E-Module, Interactive Learning Media, Student Comprehension
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial 300 Ilmu sosial > 330 Ekonomi 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Ekonomi IPS |
| Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
| Date Deposited: | 14 Nov 2025 07:23 |
| Terakhir diubah: | 14 Nov 2025 07:23 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93388 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
