Hawa, Prihatiningsih (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMPN 8 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2024/2025). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
Skripsi_Hawa Prihatiningsih_2113021021_Abstrak - Hawa Prihatiningsih.pdf Download (298Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Skripsi_Hawa Prihatiningsih_2113021021 - Hawa Prihatiningsih.pdf Restricted to Hanya staf Download (1102Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
Skripsi_Hawa Prihatiningsih_2113021021_Tanpa BAB IV - Hawa Prihatiningsih.pdf Download (1072Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Model pembelajaran problem solving adalah model pembelajaran yang mendorong keaktifan siswa dalam memecahkan masalah baik secara individu maupun kelompok. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini merupakan eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran problem solving terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini melibatkan seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Bandar Lampung tahun pelajaran 2024/2025 sebagai populasi, yang berjumlah 266 siswa dari sembilan kelas. Sampel penelitian terdiri dari siswa kelas VIII H sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas VIII I sebagai kelompok kontrol, masing- masing terdiri dari 30 siswa yang dipilih melalui teknik cluster random sampling. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh dari tes pemahaman konsep matematis siswa. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji Mann-Whitney U diperoleh bahwa peningkatan pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti model pembelajaran problem solving lebih tinggi daripada peningkatan pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional. Dengan demikian, model pembelajaran problem solving berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Kata kunci: pemahaman konsep, pengaruh, problem solving The problem solving learning model is a learning model that encourages student activeness in solving problems both individually and in groups. Based on this potential, this research is a quasi-experiment that aims to determine the effect of applying the problem solving learning model on students’ understanding of mathematical concepts. This research involved all eighth grade students of SMP Negeri 8 Bandar Lampung in the 2024/2025 academic year as the population, totaling 266 students from nine classes. The research sample consisted of class VIII H as an experimental group and class VIII I as a control group, each consisting of 30 students selected through cluster random sampling technique. The design used was pretest-posttest control group design. The data of this research is quantitative data obtained from the students’ mathematical conceptual understanding test. Based on the results of a hypothesis test using Mann-Whitney U, it was found that the increase of understanding of mathematical concepts of students who follow the problem solving learning model is higher than the increase of understanding of mathematical concepts of students who follow the conventional learning model. Thus, the problem solving learning model has an effect on students understanding of mathematical concepts. Keyword: concept understanding, influence, problem solving
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Matematika |
| Pengguna Deposit: | UPT . Siswanti |
| Date Deposited: | 17 Nov 2025 03:30 |
| Terakhir diubah: | 17 Nov 2025 03:30 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93450 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
