PENGEMBANGAN LKPD BEBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III SEKOLAH DASAR

DEWI , EGATRI (2025) PENGEMBANGAN LKPD BEBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - DEWI EGATRI.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL -DEWI EGATRI.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1889Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN -DEWI EGATRI.pdf

Download (1413Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan mengembangkan LKPD berbasis Problem Based Learning pada materi kata dan suku kata untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas III dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Metode penelitian menggunakan Research and Development (R&D) dengan model 4D dengan 4 langkah yaitu define, Design, Development, dan Desiminasi. Subjek penelitian terdiri dari 20 peserta didik kelas eksperimen dan 20 kelas kontrol di SDIT Harapan Bangsa, 20 peserta didik kelas eksperimen dan 20 kelas kontrol di SDIT Rasyid Sedayu, dan 20 peserta didik kelas eksperimen dan 20 kelas kontrol di SD Negeri 1 Merak Batin. Data dikumpulkan melalui angket, tes, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil validasi di nyatakan sangat valid dibuktikan dengan validasi ahli menunjukkan media sangat valid dengan skor ahli materi 89,3, ahli media 98, dan ahli bahasa 76 dan memperoleh skor rata rata 87,76 (sangat valid), hasil Uji kepraktisan LKPD dinyatakan sangat prakris dibuktikan respon angket oleh guru memperoleh skor rata-rata 81,9 dan dari sisi peserta didik memperoleh skor rata rata 91,5, kemudian hasil uji keefektifan LKPD dinyatakan cukup efektifdibuktikan dengan uji N-Gain dengan nilai rata rata kelas eksperimen di SDIT Harapan Bangsa sebesar 0,68 (cukup efektif), nilai rata rata kelas eksperimen di SDIT Rasyid Sedayu sebesar 0,67 (cukup efektif), nilai rata rata kelas eksperimen di SD Negeri 1 Merak Batin sebesar 0,65 (cukup efektif), dan hasil pengujian independent t rata rata nilai signifikan sebesar 0,000<0,05 maka dinyatakan ada perbedaan hasil belajar di kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kata Kunci: LKPD, Problem Based Learning, Hasil belajar This study aims to develop a Problem-Based Learning (PBL)-based Student Worksheet (LKPD) on the topic of words and syllables to improve the learning outcomes of third-grade students in Indonesian language learning. The research method used is Research and Development (R&D) with the 4D model, consisting of four stages: Define, Design, Develop, and Disseminate. The research subjects consisted of 20 experimental and 20 control class students at SDIT Harapan Bangsa, 20 experimental and 20 control class students at SDIT Rasyid Sedayu, and 20 experimental and 20 control class students at SD Negeri 1 Merak Batin. Data were collected through questionnaires, observations, tests, and documentation, and analyzed using descriptive quantitative and qualitative methods. The results of expert validation show that the media is highly feasible, with scores of 89.3 from the material expert, 98 from the media expert, and 76 from the language expert, resulting in an average score of 87.76 (very valid). The practicality test conducted by teachers yielded an average score of 92 (very practical), while the students gave an average score of 94 (very practical). The media proved effective in improving students' learning outcomes based on the N- Gain test, with the experimental class at SDIT Harapan Bangsa scoring 0.68 (moderately effective), SDIT Rasyid Sedayu scoring 0.67 (moderately effective), and SD Negeri 1 Merak Batin scoring 0.65 (moderately effective). The results of the independent t-test showed an average significance value of 0.000 < 0.05, indicating a significant difference in learning outcomes between the control and experimental classes. Keyword: Worksheet, Problem Based Learning, Learning Outcomes

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S2 Magister Keguruan Guru SD (KGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Siswanti
Date Deposited: 17 Nov 2025 03:36
Terakhir diubah: 17 Nov 2025 03:36
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93451

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir