ANALISIS PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS TINGGI DI SD MUHAMMADIYAH METRO PUSAT

Adel Lita, Sekar Rini (2025) ANALISIS PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS TINGGI DI SD MUHAMMADIYAH METRO PUSAT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK INDO-ENG SKRIPSI ADEL LITA SEKAR RINI 1913053101 - Adel Lita Sekar Rini.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img] File PDF
FIX SKRIPSI FULL ADEL LITA SEKAR RINI_1913053101_PGSD UNILA - Adel Lita Sekar Rini.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1947Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN ADEL LITA SEKAR RINI_1913053101_PGSD UNILA - Adel Lita Sekar Rini.pdf

Download (1798Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pembelajaran model PjBL dari segi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajarannya terutama pada pembelajaran matematika. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan studi fenomenologi. Sumber data dalam penelitian ini yaitu pendidik, peserta didik, dan kepala sekolah. Subyek penelitian yaitu pendidik kelas tinggi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Perencanaan pembelajaran model PJBL dilaksanakan oleh pendidik dengan membuat RPP yang berbasis projek, bahan ajar yang disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik, media pembelajaran disesuaikan dengan materi serta komunikatif, LKPD yang mudah dipahami peserta didik, dan evaluasi berupa tes atau non tes. 2) Pelaksanaan pembelajaran menggunakan model PJBL dilaksanakan oleh pendidik dengan mengikuti langkah atau sintaks pembelajaran PJBL. 3) Evaluasi pembelajaran dilaksanakan dengan membuat rubrik penilaian sesuai aturan sekolah, kisi-kisi soal sesuai capaian pembelajaran dan tujuan, soal yang sesuai tujuan atau target pembelajaran, dan kunci jawaban. Kata Kunci: Evaluasi, pelaksanaan, dan perencanaan This research aims to describe the PjBL learning model in terms of planning, implementation, and evaluation of learning, especially in mathematics learning. This research method used qualitative research with phenomenological studies. The data sources in this research are educators, students, and school principals. The research subjects are high school educators. Data collection techniques in this research are interviews, observation, and documentation. The results of the research show that: 1) PJBL model learning planning is carried out by educators by creating project-based lesson plans, teaching materials that are adapted to the needs of students, learning media that are adapted to the material and communicative, LKPD that is easy for students to understand, and evaluation in the form of tests or non- test. 2) Implementation of learning using the PJBL model is carried out by educators by following the PJBL learning steps or syntax. 3) Learning evaluation is done by creating an assessment rubric according to school rules, a grid of questions according to learning outcomes and objectives, questions that suit learning objectives or targets, and answer keys. Keyword: Evaluation, implementation, and planning

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 17 Nov 2025 07:26
Terakhir diubah: 17 Nov 2025 07:26
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93478

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir