Diana Puspita , - (2025) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROYEK PENGOLAHAN LIMBAH KULIT SINGKONG UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN KREATIVITAS ILMIAH PESERTA DIDIK. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
Abstract Diana - Diana Puspita.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Skripsi Diana Bab 1-5 full Dapus - Diana Puspita.pdf Restricted to Hanya staf Download (6Mb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
Skripsi 1235 dapus - Diana Puspita.pdf Download (3638Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis proyek yang valid, praktis, dan efektif untuk melatihkan keterampilan kreativitas ilmiah peserta didik pada materi energi alternatif. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini menggunakan model 4D (Define, Design, Develop, and Disseminate) yang diadaptasi dari Thiagarajan (1974) dengan menggunakan penilaian terhadap uji validitas, uji kepraktisan yang terdiri dari uji keterbacaan, uji persepsi guru, dan uji respon peserta didik, serta uji keefektifan. Hasil uji validitas menyatakan bahwa rata-rata nilai dari ketiga validator sebesar 3,56, rata-rata validasi media dan desain sebesar 3,43 yang termasuk kategori sangat valid, dan validasi materi dan konstruk sebesar 3,68 yang termasuk kategori sangat valid. Hasil uji kepaktisan menunjukkan bahwa rata-rata skor uji keterbacaan sebesar 86,66% dengan kategori terbaca. Uji respon peserta didik memperoleh skor 85,57% dalam kategori sangat baik, sementara untuk uji persepsi guru mencapai 93,12%. Secara keseluruhan, rata-rata skor uji kepraktisan adalah 88,45%, yang termasuk dalam kategori sangat praktis. Hasil uji keefektifan menunjukkan skor rata-rata 85,96% dengan kategori sangat terlatih. Hal ini menunjukkan bahwa LKPD berbasis proyek yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif dalam melatihkan keterampilan kreativitas ilmiah, dibuktikan melalui peningkatan signifikan pada ketercapaian indikator. Kata Kunci : Keterampilan Kreativitas Ilmiah, LKPD, Pembelajaran Berbasis Proyek This study aims to develop a valid, practical, and effective project-based LKPD to train students' scientific creativity skills on alternative energy material. The research design used in this study uses the 4D model (Define, Design, Develop, and Disseminate) adapted from Thiagarajan (1974) using an assessment of the validity test, practicality test consisting of readability test, teacher perception test, and learner response test, and effectiveness test. The validity test results state that the average score of the three validators is 3.56, the average media and design validation is 3.43 which is included in the very valid category, and the material and construct validation is 3.68 which is included in the very valid category. The results of the practicality test showed that the average readability test score was 86.66% in the readable category. The learner response test scored 85.57% in the very good category, while the teacher perception test reached 93.12%. Overall, the average score of the practicality test was 88.45%, which is included in the very practical category. The effectiveness test results showed an average score of 85.96% in the highly trained category. This shows that the project-based LKPD developed is valid, practical, and effective in training scientific creativity skills, as evidenced by a significant increase in the achievement of indicators. Keywords: Scientific Creativity Skills, LKPD, Project Based Learning
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Fisika |
| Pengguna Deposit: | UPT . Ery Elyasari |
| Date Deposited: | 17 Nov 2025 08:54 |
| Terakhir diubah: | 17 Nov 2025 08:54 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93491 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
