MIA , OCARIZA (2025) SATIRE DALAM KANAL YOUTUBE NAJWA SHIHAB DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT - MIA OCARIZA.pdf Download (95Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. SKRIPSI FULL -MIA OCARIZA.pdf Restricted to Hanya staf Download (1686Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN -MIA OCARIZA.pdf Download (1400Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah gaya bahasa satire yang digunakan oleh Najwa Shihab dalam tuturan pada kanal YouTube Najwa Shihab, khususnya dalam episode ―Mata Najwa in Collaboration With Tri‖. Fokus penelitian ini terletak pada pengidentifikasian jenis dan tipe gaya bahasa satire yang muncul dalam kanal tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan jenis gaya bahasa satire yang digunakan, mengklasifikasikan tipenya berdasarkan empat target satire, yaitu episodic, personal, experiential, dan textual, serta menjelaskan implikasinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di jenjang SMA. Metode penelitian yang dimanfaatkan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif. Sumber data dalam penelitian adalah Kanal YouTube Najwa Shihab. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik simak dan catat. Selanjutnya Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah analisis isi (content analisys). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kanal YouTube Najwa Shihab memuat penggunaan gaya bahasa satire. Penelitian ini berhasil mengidentifikasi berbagai target satire, yaitu target satire episodic, personal, experential, dan textual. Selain itu, penelitian ini juga mengungkap dua jenis satire yang digunakan, yakni satire lembut dan satire keras. Temuan menunjukkan bahwa target satire yang paling dominan adalah episodic, sementara jenis satire yang paling banyak digunakan adalah satire lembut. Hasil temuan terkait target dan jenis satire ini kemudian diimplikasikan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia sebagai materi tambahan pada topik "Mengungkapkan Kritik Sosial dengan Humor" dalam teks anekdot. Materi ini ditujukan untuk peserta didik kelas X fase F SMA dan disusun dalam bentuk modul ajar Bahasa Indonesia berbasis Kurikulum Merdeka. Modul tersebut juga diselaraskan dengan capaian Profil Pelajar Pancasila, yaitu beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia, mandiri, berpikir kritis, dan kreatif. Kata kunci: satire, YouTube, teks anekdot, modul ajar The problem in this research is to analyze the satirical language style used by Najwa Shihab in her speech on her YouTube channel, particularly in the episode "Mata Najwa in Collaboration With Tri." The focus of the study lies in identifying the types and forms of satirical language present in the channel. The purpose of this research is to describe the types of satirical language styles employed, classify their forms based on four satire targets—episodic, personal, experiential, and textual—and explain their implications for teaching Indonesian in high schools. This research employs a qualitative descriptive method. The data source is Najwa Shihab's YouTube channel, with data collection techniques involving observation and note-taking. Data analysis is conducted using content analysis. The results of this study show that the Najwa Shihab YouTube channel features the use of satirical language. This research successfully identified various satire targets, including episodic, personal, experiential, and textual targets. In addition, the study also revealed two types of satire used, namely soft satire and hard satire. The findings indicate that the most dominant satire target is episodic, while the most frequently used type of satire is soft satire. These findings on satire targets and types were then applied to Indonesian language learning as supplementary material under the topic "Expressing Social Criticism through Humor" in anecdotal texts. This material is intended for Grade 10 students in Phase F of Senior High School and is organized in the form of an Indonesian language teaching module based on the Merdeka Curriculum. The module is also aligned with the Profile of Pancasila Students, which includes being faithful and devoted to God Almighty with noble character, being independent, and having critical and creative thinking skills. Keywords: satire, YouTube, anecdotal text, teaching module
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 400 Bahasa > 407 Pendidikan, riset dan topik terkait tentang Bahasa |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah |
| Pengguna Deposit: | UPT . Siswanti |
| Date Deposited: | 18 Nov 2025 01:50 |
| Terakhir diubah: | 18 Nov 2025 01:50 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93502 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
