PEMODELAN SPASIAL SISTEM ZONASI SEKOLAH PADA PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU SMP NEGERI DI KOTA BANDAR LAMPUNG

SITI , RAHMA DIYANTI (2025) PEMODELAN SPASIAL SISTEM ZONASI SEKOLAH PADA PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU SMP NEGERI DI KOTA BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT - SITI RAHMA DIYANTI.pdf

Download (185Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL - SITI RAHMA DIYANTI.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (7Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN -SITI RAHMA DIYANTI.pdf

Download (2992Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Kota Bandar Lampung menghadapi tantangan pada sektor pendidikan berupa akses yang tidak merata, dimana terdapat upaya yang diusahakan melalui sebuah kebijakan berupa sistem zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru. Sistem zonasi bertujuan untuk memastikan siswa dapat mengakses sekolah berdasarkan kedekatan geografis. Namun, pada implementasi di lapangan masih menemui berbagai masalah, terutama ketidaksesuaian antara jangkauan zona layanan dan kondisi nyata siswa di sekitar sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan: (1) zona layanan zonasi berdasarkan hasil Penerimaan Peserta Didik Baru SMP Negeri tahun ajaran 2024/2025 di Kota Bandar Lampung, (2) mengidentifikasi zona kosong dan tumpang tindih pada peta zona layanan zonasi Penerimaan Peserta Didik Baru tahun ajaran 2024/2025. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan pengumpulan data melalui survei lapangan dan dokumentasi. Analisis dilakukan secara spasial menggunakan metode buffer untuk melihat distribusi geografis cakupan sekolah. Data yang digunakan meliputi data populasi usia sekolah, pemukiman, kemiringan wilayah, dan jarak dari tempat tinggal siswa ke sekolah tujuan berdasarkan hasil Penerimaan Peserta Didik Baru sistem zonasi di SMP Negeri tahun ajaran 2024/2025. Hasil analisis menunjukkan, area terlayani zonasi sebesar 181,12 km2 dengan persentase 98,55%. Namun, masih ditemukannya kasus blankspot sebesar 2,65 km2 dengan persentase 1,45% dan ditemukan juga kasus overlap yang membentang cukup luas sebesar 155,13 km2 dengan persentase 84,42% menyisakan area non-overlap sebesar 28,64 km2 dengan persentase 15,58%. Hal ini terjadi karena zona cakupan terlalu luas, lokasi sekolah yang berdekatan dan tidak menjangkau keseluruhan wilayah, serta keterbatasan kuota sistem zonasi Penerimaan Peserta Didik Baru di SMP Negeri. Kata Kunci: pemodelan, spasial, zonasi, sekolah Bandar Lampung City faces challenges in the education sector in the form of unequal access, which has been attempted through a policy called a zoning system for New Student Admissions. The zoning system aims to ensure students can access schools based on geographic proximity. However, implementation in the field still encounters various problems, particularly the mismatch between the service zone coverage and the actual conditions of students living around the school. This study aims to determine: (1) the zoning service zones based on the results of New Student Admissions for Public Junior High Schools for the 2024/2025 academic year in Bandar Lampung City, and (2) identify empty and overlapping zones on the zoning service zone map for New Student Admissions for the 2024/2025 academic year. The research method used was descriptive quantitative, with data collected through field surveys and documentation. The analysis results show that the zoning service area is 181.12 km2 with a percentage of 98.55%. However, blank spot cases were still found at 2.65 km2 with a percentage of 1.45% and overlap cases were also found that stretched quite widely at 155.13 km2 with a percentage of 84.42% leaving a non-overlap area of 28.64 km2 with a percentage of 15.58%. This occurs because the coverage zone is too broad, the location of the schools is close together and does not cover the entire area, and the limited quota for the zoning system for New Student Admissions at Public Junior High Schools. Keyword: modeling, spatial, zoning, school

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
900 Sejarah dan Geografi > 910 Geografi dan perjalanan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Geografi IPS
Pengguna Deposit: UPT . Siswanti
Date Deposited: 18 Nov 2025 01:55
Terakhir diubah: 18 Nov 2025 01:55
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93503

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir