Sanda , Dara Saskia (2025) IDENTIFIKASI KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 15 BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK - Sanda Dara Saskia.pdf Download (126Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SKRIPSI FULL - Sanda Dara Saskia.pdf Restricted to Hanya staf Download (1616Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN - Sanda Dara Saskia.pdf Download (1461Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk melihat kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran geografi khususnya pada materi litosfer, serta faktor penyebab kesulitan belajar siswa kelas X di SMA Negeri 15 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan penelitian ex post facto menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan dianalisis menggunakan teknik skoring dengan skala pengukuran Guttman dan dihitung menggunakan rumus persentase per indikator. Hasil penelitian menunjukkan Kesulitan siswa terdapat pada sulit memahami sub materi lapisan litosfer dengan presentase 84%, sulit memahami sub materi tenaga endogen dan eksogen dengan persentase 75% serta siswa juga mengalami kesulitan dalam memahami sub materi proses pembentukan batuan dengan persentase 73%. Secara keseluruhan kesulitan belajar siswa kelas X SMA 15 Bandar Lampung pada materi litosfer terdapat pada kriteria cukup kesulitan dengan presentase 36,93%. Faktor dominan yang menjadi penyebab kesulitan belajar siswa terdapat pada faktor psikologi dengan persentase 47,35% dengan kategori cukup kuat, sedangkan faktor sekolah mendapatkan persentase 28,84% dengan kategori lemah. Kata kunci: kesulitan belajar, mata pelajaran georafi. This study aims to examine the learning difficulties of students in geography, particularly in the subject of lithosphere, as well as the factors causing learning difficulties among 10th grade students at SMA Negeri 15 Bandar Lampung. This study uses ex post facto research with a quantitative approach. Data collection techniques include questionnaires, interviews, and documentation. Data analysis techniques involve scoring using the Guttman measurement scale and calculating percentages per indicator. The results of the study indicate that students' difficulties lie in understanding the sub-topic of lithospheric layers (84%), understanding the sub-topics of endogenous and exogenous forces (75%), and understanding the sub-topic of rock formation processes (73%). Overall, the learning difficulties of 10th grade students at SMA 15 Bandar Lampung in the lithosphere material were in the moderately difficult category with a percentage of 36.93%. The dominant factor causing students' learning difficulties was psychological factors with a percentage of 47.35% in the moderately strong category, while school factors received a percentage of 28.84% in the weak category. Keywords: learning difficulties, georaphy subject.
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 900 Sejarah dan Geografi > 910 Geografi dan perjalanan |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Geografi IPS |
| Pengguna Deposit: | UPT . Siswanti |
| Date Deposited: | 18 Nov 2025 03:50 |
| Terakhir diubah: | 18 Nov 2025 03:50 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93542 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
