PENGARUH DISCOVERY LEARNING BERBANTU MEDIA INTERAKTIF CELL-MEME-DIA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PENGENALAN SEL

Yardan , Permata Nurhadian (2025) PENGARUH DISCOVERY LEARNING BERBANTU MEDIA INTERAKTIF CELL-MEME-DIA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PENGENALAN SEL. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
Abstrak - Yardan Permata Nurhadian.pdf

Download (20Kb) | Preview
[img] File PDF
Full tanpa lampiran - Yardan Permata Nurhadian.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1946Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Full tanpa bab 4 dan lampiran - Yardan Permata Nurhadian.pdf

Download (1535Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh discovery learning berbantu media interaktif Cell-meme-dia pada materi pengenalan sel terhadap kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode quasi experimental dengan dua kelompok sampel yang dipilih dengan purposive sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan discovery learning berbantu media interaktif Cell-meme-dia tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis (t-hitung 1.904 < t-tabel 2.032). Kelompok eksperimen mencatat rata-rata N-Gain kemampuan berpikir kritis sebesar 0,40 (kategori sedang), lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol yang hanya mencapai rata-rata N-Gain sebesar 0,16 (kategori rendah). Indikator analisis adalah indikator berpikir kritis yang mengalami peningkatan paling tinggi dengan nilai N-Gain sebesar 0,51 (kategori sedang). Peninjauan per indikator menunjukkan peningkatan berpikir kritis yang lebih tinggi pada indikator interpretasi, analisis, dan evaluasi. Pada motivasi belajar, penerapan discovery learning berbantu media interaktif Cell-meme-dia menyebabkan peningkatan motivasi belajar sebesar 9,67%. Hasil kuisioner setelah perlakuan mencapai persentase rata-rata 82,48% (kategori sangat baik), lebih tinggi dibandingkan hasil sebelum perlakuan yang memperoleh persentase rata-rata 72,81% (kategori baik). Peningkatan persentase motivasi belajar terjadi pada seluruh aspek. Aspek kepercayaan adalah aspek motivasi belajar dengan peningkatan paling tinggi yaitu sebesar 11,56%. Kata Kunci: Discovery Learning, Berpikir Kritis, Cell-meme-dia, Motivasi This study aims to determine the effect of discovery learning assisted by interactive media Cell-meme-dia on cell introduction material on critical thinking ability and students' learning motivation. This study uses a quasi-experimental method with two sample groups selected by purposive sampling. The research design used is nonequivalent control group. The results showed that the application of discovery learning assisted by interactive media Cell-meme-dia did not provide a significant effect on improving critical thinking ability (t-count 1.904 <t-table 2.032). The experimental group recorded an average N-Gain of critical thinking ability of 0.40 (moderate category), higher than the control group which only achieved an average N-Gain of 0.16 (low category). The analysis indicator is the critical thinking indicator that experienced the highest increase with an N-Gain value of 0.51 (moderate category). A review of each indicator showed a higher increase in critical thinking in the interpretation, analysis, and evaluation indicators. In learning motivation, the application of discovery learning assisted by interactive media Cell- meme-dia caused an increase in learning motivation of 9.67%. The results of the questionnaire after treatment reached an average percentage of 82.48% (very good category), higher than the results before treatment which obtained an average percentage of 72.81% (good category). The increase in the percentage of learning motivation occurred in all aspects. The aspect of trust is the aspect of learning motivation with the highest increase, namely 11.56%. Keywords: Discovery Learning, Critical Thinking, Cell-meme-dia, Motivation

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 18 Nov 2025 07:43
Terakhir diubah: 18 Nov 2025 07:43
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93576

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir