PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA PEMBELAJARAN TARI DI SMP NEGERI 1 KATIBUNG

Asy-Syifa Cikal Gucci , - (2025) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA PEMBELAJARAN TARI DI SMP NEGERI 1 KATIBUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK -Asy-Syifa Cikal Gucci.pdf

Download (114Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL - Asy-Syifa Cikal Gucci.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1056Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN - Asy-Syifa Cikal Gucci.pdf

Download (716Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada pembelajaran tari di SMP Negeri 1 Katibung. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini adalah guru seni budaya dan siswa kelas VII D yang berjumlah 32 siswa. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil pengamatan menunjukan bahwa pada penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada pembelajaran tari telah dilakukan oleh guru melalui tujuh tahapan dalam penggunaannya. Tahapan-tahapan tersebut meliputi, guru merancang konsep materi yang berisi tentang keberagaman tari tradisional nusantara, pola lantai dan level gerak pada tari tradisional. Tahap kedua siswa menerima kartu yang telah dibagi menjadi kartu soal dan jawaban. Tahap ketiga yaitu melacak kartu pasangan dari kartu yang sudah didapatkan oleh siswa. Tahap keempat yaitu memperoleh skor, siswa yang dapat menemukan pasangan kartunya dan menempelkan pada papan jawaban akan mendapatkan skor. Tahap kelima yaitu perolehan sanksi terhadap siswa yang tidak dapat mencocokan kartunya. Tahap ke enam yaitu mengundi kembali kartu, siswa mendapatkan kartu yang berbeda dari sesi pertama dan dilaksanakannya sesi kedua atau pengundian kembali. Dan tahapan terakhir adalah kesimpulan, yaitu guru mengulas kembali materi yang telah diajarkan. Kata Kunci: pembelajaran tari, model pembelajaran kooperatif, make a match This study aims to describe the use of the make a match type cooperative learning model in dance learning at SMP Negeri 1 Katibung. The research method use is descriptive qualitative with data collection techniques in the form of observation, interview, and documentation. The data sources for this research are arts and culture teachers and 32 class VII D students. Data collection techniques used in this research include observation, interviews and documentation. The data analysis techniques used include data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results of the research show that the use of the make a match type cooperative learning model in dance learning has been carried out by teachers through seven stage in its use. These stage include, teacher desining material concepts that contain the diversity of traditional indonesian dances, floor patterns and movement levels in traditional dances. The second stage, student receive cards that have been divied into question and answer cards. The third stage is to track the patner cards from the cards that have been obtined by student. The fourth is to get a score, student who can find their card pairs and stick them on the answer board will ge score. The fifth stage is to get sanctions for student who cannot match their crds. The sixth stage is drawing cards again, students get different cards from the first session and the second session or drawing again is carried out. And the last stage is the conclusion, namely the teacher reviews the material that has ben taught. Keywords: dance learning, cooperative learning model, make a match

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 700 Seni, seni rupa, kesenian
700 Seni, seni rupa, kesenian > 707 Pendidikan, penelitian, topik terkait bidang kesenian dan karya seni
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Seni Drama, dan Tari
Pengguna Deposit: UPT . Ery Elyasari
Date Deposited: 19 Nov 2025 03:02
Terakhir diubah: 19 Nov 2025 03:02
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93612

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir