EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA SMA DALAM MEMPREDIKSI DAN MENGOMUNIKASIKAN

Nanda , Khoirunnisa (2025) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA SMA DALAM MEMPREDIKSI DAN MENGOMUNIKASIKAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI ABSTRAK - A_Nanda khoirunnisa.pdf

Download (1042Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL TANPA LAMPIRAN - A_Nanda khoirunnisa.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1708Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN - A_Nanda khoirunnisa.pdf

Download (1338Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran discovery learning pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan untuk mening- katkan keterampilan siswa SMA dalam memprediksi dan mengomunikasikan. Metode penelitian yang digunakan adalah weak eksperimental dengan The-statik group preetest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMAS Persada Bandar Lampung Tahun Ajaran 2024/2025. Peng- ambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik total sampling. Sampel penelitian yaitu kelas XI.1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI.2 sebagai kelas eksperimen. Pada kelas eksperimen diterapkan model pem- belajaran discovery learning dan kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional. Instrumen pada penelitian ini menggunakan postes materi kelarutan dan hasil kali kelarutan, lembar observasi aktivitas siswa, dan skala penilaian keterlaksanaan pembelajaran. Data yang diperoleh dianalisis dengan menghitung ratarata skor postes dan menghitung rata-rata n-gain keterampilan memprediksi dan mengomunikasikan setiap kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata- rata skor postes di kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol dan diperoleh rata- rata n-gain di kelas eksperimen berkategori tinggi. Berdasarkan hal tersebut disimpulkan bahwa model pembelajaran discovery learning efektif dalam meningkatkan keterampilan memprediksi dan mengomunikasikan pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Kata Kunci: Discovery Learning, Keterampilan Proses Sains, Memprediksi, Mengomunikasikan, Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. This study aims to describe the effectiveness of the learning model discovery learning on solubility material and solubility results to improve the skills of high school students in predicting and communicating. The research method used is weak experimental with The-static Group Pretest Posttest Design. The population in this study is all students class XI at SMAS Persada Bandar Lampung for the 2024/2025 Academic Year. Sampling in this study uses the total sampling. The research sample is class XI.1 as the control class and the class XI.2 as an experimental class. In the experimental class, the discovery learning learning model was applied and the control class applied conventional learning. The instruments in this study used solubility material postes and solubility time results, student activity observation sheets, and learning implementation assessment scales. The data obtained was analyzed by calculating the average postes score and calculating the average n-gain of predicting and communicating skills of each class. The results showed that the average post- score in the experimental class was higher than that of the control class and obtained an average n-gain in the high-category experimental class. Based on this, it is concluded that the discovery learning model is effective in improving predictive and communicating skills in solubility materials and solubility results. Keywords: Discovery Learning, Science Process Skills, Predicting, Communicating, Solubility and Solubility Results.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: UPT . Siswanti
Date Deposited: 19 Nov 2025 04:18
Terakhir diubah: 19 Nov 2025 04:18
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93622

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir