Angel , Stefani Sihombing (2025) PENGGUNAAN MIND MAPPING DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PERENCANAAN KARIER SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 TERBANGGI BESAR TAHUN AJARAN 2024/2025. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK - Angel Stefani Sihombing.pdf Download (73Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SKRIPSI FULL tanpa lampiran-Angel - Angel Stefani Sihombing.pdf Restricted to Hanya staf Download (2060Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN_Angel - Angel Stefani Sihombing.pdf Download (2040Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya kemampuan perencanaan karier siswa di SMA Negeri 1 Terbanggi Besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan mind mapping dalam bimbingan kelompok dalam meningkatkan kemampuan perencanaan karier siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain pra-eksperimen model nonequivalent control group design. Data dikumpulkan menggunakan kuisioner kemampuan perencanaan karier pada kelompok kontrol yang terdiri dari 10 siswa dan pada kelompok eksperimen sebanyak 10 siswa yang dipilih menggunakan Teknik purposive sampling. Hasil analisis menggunakan uji T menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan pada kemampuan perencanaan karier siswa di kelompok eksperimen, dengan nilai P Value = 0,000 (P<0, 05). Selisih peningkatan antara sebelum dan sesudah perlakuan pada kelompok eksperimen adalah sebesar 25,1%. Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan mind mapping dalam bimbingan kelompok efektif untuk meningkatkan kemampuan perencanaan karier siswa kelas XI SMA Negeri 1 Terbanggi Besar. Kata Kunci: Kemampuan perencanaan karier, mind mapping, bimbingan kelompok The problem of this research is motivated by the low career planning ability of students at SMA Negeri 1 Terbanggi Besar. This study aims to determine the effect of the use of mind mapping in group guidance in improving students' career planning abilities. The research method used is quantitative with a pre-experimental design of the nonequivalent control group design model. Data were collected using a career planning ability questionnaire in the control group consisting of 10 students and in the experimental group as many as 10 students selected using the purposive sampling technique. The results of the analysis using the T test showed that there was a significant increase in students' career planning abilities in the experimental group, with a P Value = 0.000 (P <0.05). The difference in improvement between before and after treatment in the experimental group was 25.1%. This study shows that the use of mind mapping in group guidance is effective in improving the career planning skills of class XI students of SMA Negeri 1 Terbanggi Besar. Keywords: Career planning skills, mind mapping, group guidance
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Bimbingan dan Konseling |
| Pengguna Deposit: | UPT . Siswanti |
| Date Deposited: | 19 Nov 2025 04:33 |
| Terakhir diubah: | 19 Nov 2025 04:33 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93628 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
