PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN OBAK BERBANTUAN MEDIA AUGMENTED REALITY TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN

Reni , Wulandari (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN OBAK BERBANTUAN MEDIA AUGMENTED REALITY TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK Wulandari.pdf

Download (182Kb) | Preview
[img] File PDF
Skripsi Full Tanpa Lampiran_Reni Wulandari -.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1425Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Skripsi Full Tanpa Pembahasan_Reni Wulandari.pdf

Download (1091Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran OBAK berbantuan media Augmented Reality terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Bandar Lampung pada materi sistem pencernaan. Jenis Penelitian adalah quasi eksperiment dengan bentuk desain penelitian pretest- posttest non-equivalen control grup. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Bandar Lampung berjumlah 267 peserta didik. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel terdiri dari 30 peserta didik kelas eksperimen dan 30 peserta didik kelas kontrol. Data keterampilan berpikir peserta didik didapatkan dari hasil pretest dan posttest sedangkan angket digunakan untuk mengetahui tanggapan peserta didik terhadap model pembelajaran OBAK berbantuan media Augmented Reality. Data keterampilan berpikir kritis pretest dan posttest dianalisis menggunakan uji independent sample t-test dengan taraf signifikasi 5%. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan modal OBAK berbantuan media Augmented Reality terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi sistem pencernaan dengan nilai Sig. (2-tailed) 0,00 < 0,05, serta nilai Effect size 2 (besar), 2) Angket tanggapan peserta didik yang diberikan mendapatkan respon yang positif dengan nilai rata- rata 76,96 (kategori tinggi). Kata Kunci; model pembelajaran OBAK, Augmented Reality, keterampilan berpikir kritis, dan sistem pencernaan. This study aims to determine the influence of the OBAK learning model assisted by Augmented Reality media on the critical thinking skills of grade VIII students of SMP Negeri 5 Bandar Lampung on digestive system material. The type of research is quasi-experimental with a non-equivalent control group pretest-posttest research design. The research population is all students of grade VIII of SMP Negeri 5 Bandar Lampung totaling 267 students. The sample was taken by purposive sampling technique with the number of samples consisting of 30 students in the experimental class and 30 students in the control class. Data on students' thinking skills were obtained from the results of the pretest and posttest while the questionnaire was used to find out the students' responses to the OBAK learning model assisted by Augmented Reality media. Pretest and posttest critical thinking skills data were analyzed using an independent sample t-test with a significance level of 5%. The results of the study and data analysis showed that: 1) There was a significant influence of the application of OBAK capital assisted by Augmented Reality media on the improvement of students' critical thinking skills in digestive system material with a value of Sig. (2-tailed) 0.00 < 0.05, as well as an Effect size value of 2 (large), 2) The questionnaire of student responses given received a positive response with an average score of 76.96 (high category). Keywords; OBAK learning model, Augmented Reality, skills critical thinking, and the digestive system

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 19 Nov 2025 05:38
Terakhir diubah: 19 Nov 2025 05:38
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93638

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir